Alun-Alun Kidul Solo yang Nyaman untuk Wisata Keluarga

Alun-Alun Kidul Solo – Hidup nyaman berkeluarga juga butuh refreshing juga lho. Mungkin refreshing di tempat sejuk sudah biasa. Namun lain halnya bila Anda mencoba wisata malam yang ramai seperti Alun-Alun Kidul Solo ini.

Akan tercipta kedamaian tersendiri bagi Anda dan keluarga. Lihat saja orang asli Solo mereka lebih terlihat santun ceria daripada yang lainnya karena mereka telah lama menikmati kedamaian di dalam Kotanya.

Kembali ke Alun-Alun Solo. Merupakan salah satu dari dua alun-alun yang ada di Surakarta, tepatnya alun-alun bagian kidul (selatan). Telah lama menjadi salah satu tempat favorit untuk bersinggah bersama keluarga.

Alun-alun ini dahulu dipergunakan warga keraton Solo untuk berinteraksi dengan warga luar keraton. Baik untuk perdagangan, tukar ilmu, silaturahim maupun kegiatan lain.

Namun dengan berkembangnya zaman kini keraton dialih fungsikan sebagai tempat wisata keluarga oleh Pemerintah setempat.

Dengan sengaja Pemerintah menaruhkan sewa untuk para pedagang di sekeliling lapangan dan memberi tempat untuk para tender permainan anak tepat di tengah lapangan Alkid (sebutan alun-alun ini).

Jadi dalam 12 jam mulai jam 10 pagi hingga 10 malam. Alkid penuh dengan interaksi orang. Yakni untuk rekreasi keluarga.

Alun-Alun Kidul Solo

angkringan solo alun-alun kidul alkid solo

Di pagi hari biasanya masyarakat membuka dagangannya dan menjadikan sekeliling pinggiran lapangan alkid sebagai pasar dadakan. Ada yang menjual buah, sayuran, makanan ringan, mainan dan angkringan untuk tempat nongkrong.

Sedangkan di Sore hari Alkid dibuka untuk wisata malam Solo. Arena permainan anak-anak akan dibuka di tengah lapang dengan banyak mainan, seperti mandi bola, roller coaster, mobil mini, motor mini, becak mobil dan lainnya masih banyak lagi. Menarik bukan?

Selain itu gemerlap lampu malam menghiasi seluruh penjuru Alkid sehingga terlihat menarik untuk bersama pasangan dan keluarga. Untuk Anda yang belum berkeluarga ajak saja tean Anda kesini. Pasti akan ada kesan menarik tersendiri.

Alun_Alun Kidul Solo yang Penuh Pengunjung

alun-alun kidul solo

Ada beberapa sebab yang membuat alun keraton bagian selatan Solo ini ramai penuh pengunjung setiap hari. Salah satunya bkarena masih kompleks keraton kasunan Surakarta Hadiningrat.

Kedua karena terletak di jantung Kota Bengawan Solo, sehingga Alkid mudah di jangkau oleh masyarakat dari berbagai daerah, seperti masyarakat Sukoharjo, Wonogri dan Sragen.

Di lain sisi Alun-alun Selatan ini juga memamerkan berbagai kesan Jawa. Pertama Kerbau Bule Kiyai Slamet yang setiap malam satu suro diarak oleh Keraton berkeliling Kota Solo.

Kedua, berada tepat di samping wisata keraton sehingga orang yang berkunjung di keraton pasti menyempatkan diri ke Alkid. Soalnya kalau tidak mampir bakal kurang lengkap tanpa merasakan malam di Alkid Surakarta.

Ketiga, berada di sekeliling wisata Solo lain. Yakni berada di selatan Keraton, di dekat Museum Batik Danar Hadi, Pasar Klewer, Masjid Agung Surakarta, Benteng Trade Center, Pusat Grosir Solo, Taman Sriwedari dan Mall-Mall besar lainnya telah berdiri di sekekliling dekat Alkid.

Meski selalu ramai pengunjung di Kota Solo tetap aman, damai dan sejahtera. Karena visi Kota Solo adalah “The Spirit of Java”. Menjadi pusat semangat dari Jawa.

Peta Menuju Alun Selatan Solo

peta menuju alkid solo

Sangat mudah dijangkau oleh banyak masyarakat setempat. Dari segala penjuru bisa menuju ke Alun-Alun dalam waktu singkat. Terletak di pusat peredaran jalan yang menghubungkan beberapa Kabupaten membuat alun-alun kidul keraton Solo menjadi destinasi menarik para pendatang maupun masyarakat setempat.

Bagi Anda yang ingin berkungjung ke Solo. Anda bisa menyewa jasa travel kami. Kami melayani Travel Solo Tegal dengan layanan PP bersama supir berpengalaman menggunakan mobil mewah milik travel dengan fasilitas memadahi yang menemani perjalanan Anda menuju Solo. Untuk mengetahui info lengkap silahkan klik link berikut ini.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: