30+ Jenis Ayam Populer Beserta Gambarnya Lengkap

Jenis Ayam –Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokaatuh Masih bersama saya admin website bangkitmimpi.com Bagaimana kabarnya teman-teman?. Semoga selalu bahagia sehat wal afiat sampai tua nanti. Teman-teman pernah dengar ayam? jawabannya pasti pernahlah, nah disini saya akan menulis artikel tentang jenis ayam.

Tidak jarang kita temukan banyak jenis ayam yang ada dibelahan negeri atau bahkan Indonesia sendiri. Ayam sendiri sangat bermanfaat bagi kebutuhan manusia. Mulai diambil dari dagingnya, telur atau bahkan sampai bulunya pun bisa dimanfaatkan.

Baik saya tidak panjang lebar, segera aja teman-teman simak penjelasan beberapa jenis ayam yang ada diluar negeri da dalam Indonesia.

Pengertian Ayam

Ternyata ayam adalah hewan termasuk jenis unggas, seperti hal nya burung, namun tidak bisa berterbang. Jadi sangat mudah sekali untuk ditangkap karena nggak bisa berterbang kemana-mana hehehehe..

Ayam merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat banyak ditemukan disekitar kehidupan manusia. Ayam sendiri berasal dari bahasa latin yaitu gallus gallus domesticus.

Hewan ini memiliki sayap dan termasuk hewan evas yang dipelihara manusia untuk diambil daging, telur dan bulunya. Daging  dan telur ayam mengandung banyak protein dan lemak sehingga sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia.

Jenis Ayam

Berikut ini adalah beberapa gambar ayam yang ada di dunia ini, mulai berbagai jenis, ciri-cirinya hingga perbedaan dengan jenis lainnya. Baiklah berikut ini adalah jenis ayam dan gambarnya.

 

Jenis Ayam Cemani

ayam cemani
greenfirefarms.com

Inilah jenis ayam khas dan asli milik negara kita, Indonesia. Asal nama cemani sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti hitam legam. Makanya tidak salah, kalau keunikan ayam ini dibandingkan dengan jenis ayam lainnya adalah semua tubuhnya baik bulunya, matanya, dagingnya, tulangnya, kakinya bahkan jeroannya berwarna hitam.

Ayam ini sudah sangat lama di Indonesia, bahkan sudah terkenal di kerajaan Majapahit di sekitar abad 15 Masehi. Sebenarnya ayam ini merupakan jenis ayam yang dihasilkan dari gabungan ayam hitam pendahulunya. Konon ayam ini sebelumnya memiliki paruh yang warnanya putih dan juga dagingnya dipakai sebagai obat di kala itu.

Karena mujarabnya digunakan sebagai obat, akhirnya para pemilik terus mengembang biakannya dan mengawinkannya dengan ayam hitam lainnya. Akhirnya menghasilkan anak ayam yang warnanya hitam legam beserta paruhnya yang semula putih menjadi hitam juga.

Ayam ini dinobatkan sebagai jenis ayam termahal di dunia, bahkan ayam cemani yang sempurna warna kehitamannya sampai 100% bisa dijual dengan harga miliaran rupiah. Penyebab harganya yang sangat mahal tersebut dikarenakan mulai langkanya jumlah ayam di dunia ini yaitu sekitar 3500 ekor saja.

Penyebab langka tersebut adalah tidak semua daerah di dunia bisa digunakan sebagai tempat pembudidayaan ayam cemani, hanya Indonesia dan beberapa negara di Eropa. Selain itu juga peternak ayam cemani di Indonesia mulai menurun jumlahnya.

Jenis Ayam Silkie Hen

gambar ayam silkie han
pinterest.com

Sangat lucu sekali bukan ayamnya? yak, ayam silki atau kalau di Indonesia dinamai ayam kapas merupakan ayam yang bulunya yang halus bak sama seperti kapas dan terasa lembut seperti sutra. Beberapa orang juga menyebutnya ayam berbulu kucing, dikarenakan bulunya yang mirip dengan bulu kucing. Ayam ini berasal dari China dan berkembang di sana, sebelum banyak para peternak pada mengekspornya ke luar negeri.

Salah satu keunikan dari ayam silkia adalah dia memiliki jari yang berjumlah 5, berbeda dengan jenis ayam lainnya yang rata-rata memiliki jumlah jari sebanyak 4 saja. Keunikan lainnya adalah apabila kita cabut semua bulunya tersebut, maka dagingnya memiliki kemiripan dengan daging ayam cemani yaitu sama-sama memiliki warna hitam dan gelap baik kulit, ceker, paruh maupun organ dalamnya.

Beberapa daerah khususnya tempat berasal ayam ini (China), menganggap kalau ayam ini bisa untuk mengatasi berbagai penyakit dan memulihkan kembali stamina. Makanya wajar apabila ayam ini dikomsumsi dan dipatok dengan harga yang sangat mahal.

Bagi kamu yang tertarik dengan ayam silkie dan ingin memeliharanya, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Pertama untuk makanan, kamu tidak perlu repot-repot memikirkannya, karena sama dengan makanan jenis ayam lainnya.

Pakan konsentrat, biji-bijian, dan berbagai makan hijauan lainnya bisa kamu kasih. Untuk perawatan kandangnya yang perlu perhatikan adalah kelembabannya. Jangan sampai basah karena bisa membuat bulu-bulu ayam ini kotor. Pada umumnya ayam silkie dalam sekali periode bisa bertelur hingga mencapai 12 telur bahkan bisa lebih.

3

Ayam Plymouth Rock

ayam plymouth rock
muhammaddzaki50.blogspot.com

Ayam Plymouth Rock adalah ayam yang asli berasal dari Amerika. Beberapa orang juga menyebutnya ayam Rock atau ayam Barred Rock.

Baca Juga  Gambar Ikan Segala Jenis | Kartun, Hias, Air Laut, Tawar

Berdasarkan literatur sejarah yang ada, ayam ini dahulunya tepatnya di tahun 1869 masehi diternakan dan dikembangkbiakan di Inggris dan dimanfaatkan daging beserta telurnya.Kemudian dibawa oleh para imigran dan pelaut sampailah ke Amerika. Di negara Amerika sendiri ayam ini sangatlah populer, karena hasilnya sangat memuaskan baik dari dagingnya maupun telurnya.

Karena berkembangnya hasil studi dan juga percobaan untuk penyilangan, ayam Plymouth sekarang sudah banyak sekali turunannya. Diantaranya turunannnya adalah, Buff, White Rock, Blue Plymouth Rock,dan Barred Plymouth Rock.

Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki ayam Plymouth Rock diantaranya ayam ini sangat cepat untuk bertelur (berkembangbiak), jinak, tidak mudah sakit, kualitas daging dan telurnya sangat tinggi.

Adapun beberapa ciri-ciri dari ayam Plymouth pada umumnya adalah badannya lumayan besar dan agak bulat, kaki beserta seluruh kulitnya warnanya kuning, jenggernya berbentuk sebilang dan berdiri tegak, pial, cuping berwarna merah, warna telur coklat, dan warna paruhnya adalah kuning kecerahan. Pada umumnya berat dari ayam jantan Plymouth berkisar 3,5 hingga 4,4 kg, sedangkan untuk ayam Plymouth betina berkisar 2,75 sampai 3,5 kg.

Ayam Orpington

ayam orpington
pinterest.com

Inilah salah satu hasil persilangan dari ayam Pymouth Rock. Ayam Orpington sesuai dengan namanya berasal dari negara Orphington, tepatnya daerah Orpington. Sebelumnya ayam ini adalah hasil dari persilangan antara ayam Minorca yang berkelamin jantan dengan dengan ayam Plymouth Rock betina berwarna hitam dan kemudian dari hasilnya persilangan kedua ayam tersebut dipersilangkan lagi dengan Ayam Langshan. William Cook adalah orang yang pertama kali melakukan pesilangan tersebut dan didapat bahwasanya dengan melakukan beberapa persilangan tersebut didapatkan ayam yang pertumbuhannya sangat cepat dan mampu menghasilkan telur dalam jumlah yang tinggi.

Adapun beberapa jenis dari ayam Orpington diantaranya Orpington hitam, putih, buff, dan Orpington yang memiliki warna bulu yang beragam. Adapun beberapa kelebihan ayam Orphington dibandingkan dengn jenis ayam lainnya adalah dagingnya berkualitas tinggi, keunikan pada bulunya, tingkat pertumbuhannya cepat, menghasilkan telur yang berkualitas dan banyak, dan termasuk dari jenis ayam yang jinak dan tenang, jadi mudah untuk ditangkap.

Adapun  beberapa karakteristik dari ayam Orpington diantaranya:

  1. Bulunya berwarna hitam, putih, biru, buff, dan warna yang beraneka ragam
  2. Jika kita pegang bulunya, maka akan terasa halus
  3. Kakinya hampir tertutupi oleh bulunya
  4. Pada umumnya perta

Namun sampai sekarang ini, ayam ini sudah mulai berkurang jumlahnya, dan beberapa pihak mulai melakukan pemulihan kembali agar jumlahnya bisa kembali banyak.

 

Ayam Leghorn

ayam leghorn
dom-krolika.ru

Kamu tertarik dengan negara Italia? apabila kamu tidak pernah ke sana, kamu bisa mengenal terlebih dahulu dengan ayam asli dari negara Italia ini. Ayam yang berasal dari Italia ini memiliki beberapa nama dari penduduk khususnya Italia, beberapa menyebut livorno atau livornese.

Pada umunya warna yang ada di ayam leghorn adalah putih cantik. Selain itu ada juga warna lain selain putih dari varian ayam ini.

Waktu ke waktu seiringnya juga berkembangnya teknologi, ayam Leghorn mulai tersebar ke mana-mana bahkan seluruh dunia dapat kita jumpai. Keunikan dari jenis ayam ini adalah dia tidak seperti induk ayam pada umumnya, yang mana ketika bertelur akan mengerami telurnya tersebut. Berbeda dengan ayam Leghorn, dia malahan hanya bertelur saja, dan tidak mengerami telurnya tersebut.

Kelebihan dari ayam leghorn ini adalah dia bisa hidup meskipun di tempat yang bertemperature tinggi, dengan demikian sangat cocok bagi kamu yang ingin memelihara ayam ini ditempat yang terdapat iklim tropis dan mengembangkan telurnya.

Selain itu ayam ini termasuk ayam yang produktif, bayangkan saja dalam setahun ayam ini mampu untuk menghasilkan telur antara 280 hingga 300 buah.

Ciri-ciri:

  • Bulu yang terdapat pada ayam ini dominannya adalah putih, namun ada juga varian lain seperti bulunya berwarna kecoklatan, kuning dan hitam.
  • Memiliki jengger yang letaknya terdapat di bagian atas kepala dan berwarna merah dibagian bawahnya.
  • Kalau kita cabuti bulunya, maka kulitnya berwarna kuning, selain kulit juga paruh dan kakinya berwana kuning.
  • Untuk telinga, warnanya putihTelinganya berwarna putih.
  • Bentuk ekornya menjulang keatas membentuk sudut 40 derajat.
  • Berwarna putih telurnya.

Ayam Cochin

gambar ayam cochin
cacklehatchery.com

Ayam Brahma

ayam brahma
emporiodeglianimali.it

Ayam Ameraucana

ayam ameraucana
500px.com

Ayam Sebright

ayam sebright
omlet.co.uk

Ayam Polish

ayam polish atau polandia
carabudidayaternak.net

Ayam Rosecomb

ayam rosecomb
backyardchicken.com

Ayam Naked Neck

ayam nacked neck
wikipedia.org

Ayam Hutan Merah

ilhamaku.wordpress.com

Ayam Onagadori

ayam onagadori
500px.com

Ayam Ketawa

ayam ketawa
pinterest.com
16

Ayam Serama

ayam serama
flickr.com

Ayam Sumatera

ayam sumatera
wikimedia.org

Ayam Balenggek

Ayam Randah Batu

ayam sumatera
ternakayam.com

Ayam Pelung

ayam pelung
situshewan.com

Ayam Nunukan

ayam nunukan
ayamnunukan.blogspot.com

Ayam Brahma

gambar ayam brahma
xicitefun.com

Ayam Kalkun

ayam kalkun
carabudidayaternak.net

Jenis Ayam Walik

ayam walik kate
Sumber : 2.bp.blogspot.com

Bagi penggemar ayam sabung pasti tahu jenis ayam ini. Ayam walik merupakan jenis ayam lokal langka yang ada di Indonesia.

Seperti namanya ayam ini mempunyai ciri khas yaitu bulunya tumbuh terbalik.

Ayam Modern Game Bantam

gambar ayam modern game batam
blueskygallery.com

Ayam Phoenix

gambar ayam phoenix
via blogspot.com

Jenis Ayam Mutiara

Jenis ayam mutiara
sumber : ternakayam.ptnasa.net

Sesuai dengan namanya ayam ini termasuk jenis ayam hias yang diminati banyak orang.

AYam mutiara memeiliki keunikan khas dan khusus pada warna bulu yang cantik nan ekostis.

Bagi orang yang melihat ayam jenis ini akan dibuatnya tergila-gila karena bulu yang sangat indah.

Gambar Ayam Sultan

gambar ayam kate
cacklehatchery.com

 

Ayam Arab

gambar ayam arab
ayamkampung.com

Ayam Bekisar

Jenis Ayam Potong

Jenis Ayam Potong
sumber : 3.bp.blogspot.com

Ayam potong atau orang-orang biasa menyebut dengan ayam potong ini adalah jenis yang paling banyak dikonsumsi.

Ayam ini mempunyai ciri berbulu tebal dan berwarna putih. Dan umumnya pertumbuhan ayam potong sangat cepat dibandingakan jenis ayam yang lainya.

Dalam waktu yang sangat singkat yaitu antara 5-7 pekan ayam potong sudah mempunyai bobot 1,3 sampai 1,8 kg.

Maka dari itu jenis ayam ini sangat diminati banyak orang karena gampang ditemukan dan tidak menunggu waktu lama untuk memanennya.

Ayam Hutan Srilanka

ayam hutan ceylon
wikipedia.org

Ayam Kate

jenis-ayam-kate
sumber : ternakayam.ptnasa.net

Jenis ayam ini merupakan jenis ayam hias dan berukuran mini atau kecil.

Ayam kate tidak bisa dimanfaatkan telur dan dagingnya seperti halnya jenis ayam yang lainya.

Ayam kate juga mempunyai julukan sebagai ayam bantam, pertama kali ditemukan oleh para pedagang Eropa. Yaitu pada sekitar tahun 1700 an di pelabuhan jawa bernama bantam.

Ayam Hutan Hijau

aym hutan hijau
500px.com

 

Ayam Hutan Kelabu

ayam hutan kelabu
5oopx.com

Ayam Bakar

Jenis Ayam Bakar
sumber : 4.bp.blogspot.com
Jenis ayam paling terakhir adalah ayam bakar heheehe.
Ayam ini sangat mudah ditemukan di restoran atau warung makan terdekat. Ayam jenis ini merupakan jenis menu olahan makanan dari daging ayam yang lezat.
Soal rasa tidak diragukan lagi. Pokoknya mantab bangetsz deh..

Penutup

Nah, dari sini sudah tau kan? Ternyata jenis ayam itu sangat banyak sekali. Tidak seperti yang selama kita bayangkan, jenis ayam cuman ayam kampung dan ayam potong aja.

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan jenis ayam kali ini, jangan lupa terus simak pengetahuan yang ada di website bangkitmimpi.com. Jangan lupa juga agar dishare sebanyak-banyaknya agar semuanya bisa mengambil manfaat dari artikel ini.

Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya, kalau ada salah kata, salah tulisan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Karena saya sebagai manusia biasa yang tak luput dari banyak lupa dan kelalaian.

Wallahu a’lam bishowaaab

Wassalamua’laikum Warohmatullah Wabarokaatuh

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: