Bunga Mawar : Cara Merawat dan Berbagai Jenis Macamnya

Bunga Mawar-Assalamualaikum waromatullah wabarokaatuh, kembali lagi dengan website saya bangkitmimpi.com. Kali ini saya akan membahas tentang bunga mawar. Bagi anda pecinta bunga pasti tidak terasa asing lagi dengan sebutan si Queen of Flower.

Si Queen of Flower merupakan nama asli dari bunga mawar yang indah ini. di negara Indonesia sendiri  mawar bisa tumbuh sangat subur. Bahkan ada di berbagai daerah yang membudidayakan bunga mawar.

Karena warnanya yang sangat menarik, mawar termasuk bunga yang menduduki peringkat pertama. Banyak dari kalangan wanita khususnya yang jatuh cinta pada bunga ini.

Bunga mawar disebut dengan ratunya bunga karena warna dan keangunan bentuknya. Salah satu penyebab mawar disukai para wanita mungkin karena pengaruh film romantis.

Para aktor film romantis sering menggunakan bunga mawar sebagai tanda cinta atau kasih sayang. Maka tak heran jika bunga mawar bisa memikat hati para wanita zaman now.

Makna Warna Bunga Mawar

makna bunga mawar
www.twsflorist.co.id

Dalam moment tertentu bunga mawar menjadi sorotan paling utama bagi para pemuda khususnya. Misalnya saja dalam acara ulang tahun atau valentine day setiap tahunya.

Namun dibalik maraknya bunga mawar, taukah anda bahwa setiap warna mempunyai arti yang berbeda-beda?. Dalam memberikan bunga warna para cowok harus mengetahui warna apa yang pantas untuk diberikan.

Kalau cowok memberikan bunga dengan warna asal-asalan maka akan ada kesalah pahaman. Karena setiap warna punya arti sendiri dan anda pasti tak mau memberikan bunga yang tak cocok dengan tujuannya.

Wahai para cowok khususnya, wajib bagi anda untuk membaca artikel ini..hehehe

Berikut penjelasan berbagai warna bunga mawar yang harus anda ketahui :

Bunga Mawar Warna Merah

Warna merah pada bunga mawar melambangkan rasa cinta yang sangat tulus, keindahan, romantis dan hubungan yang langgeng. Warna ini sangat cocok untuk anda berikan kepada kekasih atau pujaan hati. Dengan memberikan bunga warna merah anda betul-betul ingin menyampaikan rasa cinta.

Bunga Mawar Warna Putih

bunga mawar warna putih
http://1.bp.blogspot.com

Pada hakikatnya warna putih sendiri mempunyai arti kesucian. Bunga mawar yang berwarna putih maka bisa diartikan harti yang bersih, keangunan dan cinta yang tulus.

Warna putih ini sangat cocok diberikan kepada siapa saja. Entah itu pasangan maupun sahabat sejati. Dengan memberikan bunga warna putih jalinan persahabatan anda bettul-betul tulus dan suci.

Tidak semena-mena ada kepentingan tersendiri dalam persahabatan anda. Misal ; entah bersahabat karena hanya ingin mengambil hartanya atau niat yang lain.

Bunga Mawar Warna Kuning

Mawar Kuning
http://2.bp.blogspot.com

Kebanyakan orang salah dalam memahami  mawar warna kuning. Mereka mengira bahwa warna kuning melambangkan kecemburuan atau kebencian.

Padahal warna kuning melambangkan kekeluargaan, hidup tentram, kegembiraan dan persahabatan yang erat. Maka mulai sekarang jangan samapai salah mengertikan bunga yang berwarna kuning.

Bunga Mawar Warna Merah Muda

bunga mawar merah muda
http://3.bp.blogspot.com

 

Warna merah merupakan warna yang sangat mencolok. Semua orang akan merasa senang memandangya.

Mawar warna merah melambangkan penghormatan, kebahagiaan dan kelembutan. Warna merah muda bisa diartikan dengan rasa kagum dan wibawa.

Sedangkan yang berwarna merah agak tua diartikan rasa terima kasih.

Bunga Mawar Warna Hitam

bunga mawar hitam
bersinarbersama.files.wordpress.com

Terkadang dalam hidup tidak semulus yang diharapakan. Pasti ada saatnya senang, susah, cinta, benci, suka dan duka. Kebencian dan rasa dendam jangan sampai melupakan akan kebaikan sahabat anda.

Biasanya yang jadi masalah adalah ketika udah benci maka putuslah tali persahabatan yang dijalani selama bertahun-tahun.

Maka dari itu, ketika ada masalah kecil jangan tergesa-gesa mengambil tindakan. Karena yang demikian itu akan menyisakan luka yang sangat mendalam. Mungkin dengan warna hitam ini bisa menyimbolkan rasa benci dan dendam.

Tidak semua orang bisa meluapkan kebencian dan dendam secara langsung. Namun hanya disimpan dalam hati kecilnya.

Dari pada menyimpan dalam hati  mawar warna hitam ini bisa mewakili  perasaan kesal anda.

Bunga Mawar Warna Hijau

bunga mawar hijau
s2.bukalapak.com

Warna hijau terkenal dengan lambang kesuburan dan kemakmuran. Bila anda merasa penat dengan tugas yang menumpuk maka bisa terobati dengan memandang hamparan sawah.

Begitu pula dengan mawar warna hijau ini, sangat mengandung banyak makna. Kesejahteraan, ketenangan dan kedamaian meliputi pada diri anda dan pasangan atau sahabat.

Jika anda memberikan mawar warna hijau berarti anda lagi menjakani persahabat yang penuh kedamaian dan kerukunan.

Bunga Mawar Warna Biru

bunga mawar biru
satujam.com

Warna biru termasuk warna yang memikat perhatian orang banyak. Mawar warna biru mempunyai makna kesempurnaan dan pesona yang sangat indah.

Karena warna yang mencolok mawar biru disimbolkan dengan expresi rasa cinta pandangan pertama.

Bunga Mawar Warna Orange

mawar-orange
manfaatbagus.com

Semua orang pasti sangat membutuhkan bantuan satu sama lainya. Tidak akan bisa hidup di muka bumi kalau hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri.

Tidak ada orang yang lahir dalam keadaan sukses. Kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Ketika orang belum bisa alias gagal maka dia sangat membutuhkan dorongan.

Nah, mawar warna orange ini mempunyai arti semangat. Anda bisa memberikan bunga warna orange kepada sahabat anda agar kembali bersemangat lagi.

Ciri-ciri Bunga Mawar

ciri-ciri bunga mawar
http://sarungpreneur.com

 

Setiap tumbuhan pasti ada ciri-ciri tersendiri, begitu pula dengan bunga mawar. Dari segi batang, daun, bunga, buah, dan biji pun sudah dapat dibedakan. Secara umum mawar mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  • Batang

Tumbuhan satu ini mempunyai ciri khusus pada batangnya. Batang pohon mawar termasuk batang yang berduri. Selain berduri batang mawar mempunyai warna hijau ke abu-abuan.

  • Daun

Daun mawar biasanya berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepinya beringit, dan meruncing pada ujung daunya.

  • Bunga

Setiap putik berkambang menjadi satu buah tunggal, sedangkan kumpulan buah tunggal dibungkus daging buah pada bagian luarnya. Biasanya bunga mawar terdiri dari lima helai daun mahkota kecuali jenis rosa.

Mawar jenis rosa sericea berbeda yang lain karena hanya memiliki 4 helai daun mahkota.

  • Buah dan Biji

Hampir semua buah mawar berwarna merah, namun ada beberapa kecualian. Seperti mawar jenis rosa pimpinelliofolia yang memiliki buah berwarna ungu gelap hingga hitam.

Jenis-jenis Bunga Mawar

Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis bunga mawar yang ada di indonesia. Namun saya cuman bisa menyebutkan beberapa jenis saja yang lumayan populer.

Dalam membedakan jenis mawar tidak bisa hanya dibedakan karena warnanya saja. Kalau mau diteliti lebih detail lagi, jenis mawar bisa dibedakan menurut bentuknya.

Karena jika anda mau mendalami lagi banyak ditemukan bunga mawar berwarna merah namun bentuk banyak variasi.

Berikut beberapa jenis mawar yang hidup didaratan Indonesia beserta ciri-ciri khasnya.

Mawar Talitha

Mawar talitha merupakan salah satu jenis bunga potong yang berbentuk ganda. Ciri khas yang dimiliki mawar ini adalah tidak berwarna merah, namun berwarna orange.

Dalam segi ukuran bunganya, jenis ini tidak jauh beda dengan mawar umumnya. Bunga talitha ketika mekar hanya berukuran 8 cm saja. Jadi tidak besar-besar amat.

Adapun ukuran tangkai mawar talitha berukuran sekitar 50-100 cm. Kelebihan mawar jenis ini adalah ketika ketika bunganya dipotong dari tangkai, keluar bau harum. Keharuman dan kesegaran bunga ini dapat bertahan tujuh hingga sembilan hari.

 

Mawar Putri

bunga mawar putri
annajwa.al-luqmaniyyah

Masih hampir sama dengan jenis mawar talitha, mawar putri merupakan jenis bunga potong yang berbentuk ganda. Dalam segi ukuran, mawar putri lebih besar ukuranya dari pada jenis talitha.

Mawar putri ketika mekar ukuranya bisa mencapai 10 cm.

Yang membedakan antara mawar putri dan mawar talitha dalam segi warna, batang, dan baunya. Mawar putri memiliki warna merah tua atau merah dark red.

 

Mawar Mega Putih

mawar mega putih
sumber : 4.bp.blogspot.com

Mawar putih termasuk salah satu jenis mawar yang berukuran besar. Tatkala kuncup aja mawar ini berukuran mencapai 3 cm. Sedangkan tatkala dalam keadaan mekar mawar mega putih bisa berukuran diamater 12cm.

Karena kelopak bunga yang besar maka jenis mawar ini membutuhkan penopangan yang kuat. Untungnya saja bunga mega putih mempunyai batang lumayan besar yaitu berukuran 8 cm.

Sedangkan panjang tangkai mega putih bisa mencapai 90 cm. Mawar mega putih termasuk tumbuhan yang tumbuh di Indonesia yang mempunyai aroma tidak begitu wangi atau ligh fragrance.

Cara Merawat Mawar

Dalam merawat bunga mawar sebenarnya sangat mudah sekali. Perawatanya pun tidak memerlukan biaya dan kerja yang payah.

Tanaman mawar dapat tumbuh dalam suhu panas maupun dingin. Selain menjadi simbol kasih sayang tanaman ini sering dijadikan hiasan. Hiasan yang terletak dalam rumah maupun dihalaman biar keliatan cantik.

Berikut beberapa cara merawat tanaman yang harus anda ketahui :

Memilih Pot Yang Tepat

bunga mawar
mitalom.com

Langkah pertama yang anda lakukan adalah meemilih pot terlebih dahulu. Usahakan pot yang akan digunakan adalah pot yang terbuat dari tanah liat.

Kenapa kok memilih pot dari tanah liat?

Ya, karena pot dari tanah liat memiliki banyak pori, sehingga dapat air dapat mengalir keluar. Selain itu dengan adanya pori-pori membuat akar tanaman tidak busuk.

Pembusukan biasanya terjadi karena air tidak dapat mengembang dalam pot.

Penyiraman Secara Teratur

Dalam merawat tanaman mawar, jangan sampai menyiram air secara berlebihan. Karena jika kelebihan nanti berakibat pembusukan dalam akar. Apalagi kalau tanaman mawar dirawat dalam sebuah pot.

Penghambatan atau genangan air pada pot memperlambat sistem kinerja akar. Pada suhu panas siram setiap hari dua kali, di pagi dan sore hari.

Dan Pada musim hujan, cukup siram sekali dalam sehari saja. Namun jika hujan tidak henti-henti maka jangan ada disiram sama sekali.

Media Tanah Yang Subur

Agar mendapatkan hasil tanaman yang memuaskan, pilih media tanam yang tepat. Penanaman mawar yang bagus adalah dengan menggunakan tanah yang mengandung kadar air.

Namun, tanaman mawar tidak bisa tumbuh subur melalui media yang terlalu bergembur atau kering. Selain media tanam yang bagus, peran matahari sangat berpengaruh dalam tanaman mawar.

Pengecekan dan Pemangkasan Dengan  Rutin

Daun dan ranting mawar sanga mudah mengalami pembusukan. Maka dari itu harus sering ada pengecekan setiap harinya. Ketika hendak menyiram tiap pagi dan sore, usahakan kalau ada daun dan tangkai yang busuk maupun kering agar segera dipotong.

Pemotongan secara rutin ini agar tidak berpengaruh pada daun atau tangkai yang ada pada tanaman tersebut. Oh, ya perlu wajib ketahui juga, bagaimana cara memotongnya?.

Pemotongan daun atau tangkai yang busuk tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Jangan memotong dengan cara diagonal atau menyerong. Potonglah daun atau tangkai dengan cara lurus dan secara rutin.

Pembudidayaan

Untuk membudidayakan tanaman ini ada banyak cara. Diantara banyak cara yang digunakan cara stek adalah cara yang paling ampuh untuk menambah jumlah tanaman. Dari pada dibandingkan dengan beberapa cara lain seperti (biji, okulasi, cangkok, membelah anakan), cara steklah paling terbaik.

Penyemprotan Dari Serangan Hama

bunga mawar
static.alatkebunku.com

Hama merupakan musuh atau kendala utama bagi semua tanaman. Hama merupakan penghambat pertumbuhan bunga bahkan bisa membuat tumbuhan mati. Untuk menghindari hama sebaiknya menyemprotkan pestisida dalam kurun waktu 1-2 kali dalam satu bulan. Perawatan bunga yang sangat populer di masyarakat ini harus hati-hati dan dilakukan secara konsisten. Walaupun secara keseluruhan perawatan bunga mawar tidak susah amat untuk di lakukan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: