Kumpulan Doa Harian Lengkap Untuk Anak-anak

Kumpulan Doa Harian– Assalamualaikum warohmatullah wabarokaatuh. Bagaimana kabarnya anda semua dimana pun berada? Semoga selalu dalam keadaaan sehat wal a’fiat. Baik, di artikel kali ini saya akan membahas doa harian lengkap untuk anak-anak.

Islam merupakan agama yang paling haq, betul, semua kehidupan sudah diajarkan dalam al-islam. Mulai dari sebelum tidur sampai bangun tidur ada adab dan tata caranya tersendiri. Karena itulah salah satu alasan nabi Muhammad diutus ke bumi adalah untuk menyempurnakan akhlak.

Allah Ta’ala berkalam dalam QS. Al-imron ayat 19 :

“Inna ad-diina i’ndAllohi al-islam…”

Artinya : Sesungguhnya agama yang paling benar disisi Allah adalah (hanya) islam

Rosulullah Shallallahu A’laihi wa Sallam pernah bersabda dalam sebuah hadist :

“Innamaa bui’stu li utimma makaarimal akhlaq”

Artinya : Sesungguhnya tiada lain aku ini diutus sebagai penyempurna akhlak yang mulia.

Merupakan salah satu ajaran yang paling penting adalah do’a. Dengan doa maka Allah Ta’ala akan memudakan semua urusan hamba-hamba-Nya. Doa juga merupakan bukti seorang hamba membutuhkan dengan sang pencipta alam semeseta.

Allah akan senang jika hamba selalu berdoa meminta segala sesuatu hanya kepada-NYa. Namun sebaliknya jika tidak pernah berdoa maka Allah akan murka. Sebab seakan-akan hamba tersebut tidak membutuhkan Allah Ta’ala.

Maka sangat penting dalam melakukan segala hal harus melibatkan Allah Ta’ala. Manusia bisanya cuman usaha dan doa, adapun hasil terserah sang Maha Kuasa.

Perlu diketahui juga usaha itu harus disertai dengan doa, begitu pula sebaliknya. Kalau cuman mengandalkan usaha saja tanpa ada doa maka itulah kesombong. Begitu pula dengan doa saja tanpa ada usaha itu adalah kebohongan.

Maka usaha dan doa adalah dua rangkaian kata yang tidak boleh terputus satu sama lainya.

Contents

Kenapa Doa Harian harus Diajarkan Terutama Kepada Anak-anak ?

Doa Harian Lengkap
Doa Harian Lengkap

Ada yang sudah tahu jawabanya?

Ya, karena anak kecil daya ingat mereka sangatlah tinggi. Ketika kita mengajarkan doa kepada anak kecil maka bagaikan mengukir diatas batu. Akan terus diingat sampai masa tuanya nanti.

Bahkan ketika anak kecil sering mendengar suatu doa, tanpa dihafal pun, mereka sudah bisa menirukannya. Maka itulah pentingnya  mendidik kebaikan kepada anak sejak kecil.

Bukan masalah doa saja, namun semua kebaikan alangkah bagusnya ditanam sedini mungkin.

Karena baik atau buruk karakter seorang anak sangat terpengaruhi oleh lingkungan. Jika mereka dibesarkan dalam lingkungan agama maka akan tumbuh menjadi orang baik-baik. Jika dibesarkan pada lingkungan yang tidak bermoral maka suatu saat anak akan menjadi orang jahat.

Maka dari itu ajarkanlah kebaikan kepada anak kecil entah dari akhlak, adab, doa, sholat dan sebagainya sedini mungkin.

Apa Itu Doa Harian?

Dalam beraktivitas sehari-hari pasti kita jumpai pekerjaan yang bersifat rutin. Contohnya adalah seperti makan, minum, tidur, belajar, bercermin, mengenakan pakaian, masuk kamar mandi, dan keluar rumah.

Agama islam adalah agama yang sempurna karena disetiap aktifitasnya akan mendapatkan pahala jika diniatkan untuk Allah semata.

Apalagi kalau disetiap aktifitas tersebut selalu diawali dan diakhiri dengan doa, maka akan dapat pahala lebih banyak.

Doa sendiri menurut bahasa berarti meminta, menyeru atau memohon.

Doa dalam agama islam mempunyai peran yang sangat tinggi. Doa juga bisa menjadi wasilah antara makhluk dengan sang penciptanya. Dalam berdoa kita mengadu kepada Allah akan semua urusan, baik yang bersifat duniawi maupun ukhrowi.

Pentingnya dalam berdoa tidak hanya sebatas ketika dihadapkan segala musibah, kesulitan, kesempitan, atau ketika menginginkan sesuatu saja. Namun berdoa itu dilakukan setiap waktu, dimana dan kapan pun kita berada.

Tidak memandang ketika lagi sehat maupun sakit, longggar atau sempit, kaya atau miskin.

Macam-macam Doa Harian

Mungkin diartikel ini saya hanya menuliskan beberapa doa yang sering kita dengar. Seperti : doa hendak makan, doa setelah makan, doa hendak tidur, doa bangun tidur, dan doa bangun tidur.

Doa harian seperti ini sangatlah pantas untuk diajarkan kepada anak-anak kecil. Supaya kedepannya terbiasa berdoa terlebih dahulu sebelum maupun setelah beraktifitas.

Makanya banyak kita jumpai diberbagai lembaga islam seperti taman pendidikan al-qur’an banyak diajarkan berbagai doa harian untuk anak-anak.

Bahkan kita dahulu pasti juga pernah ngalamin duduk di TPQ dan menghafal bersama-sama. Anak-anak tak perlu dibawakan sebuah teks lalu suruh menghafal, namun cukup dibacakan, didengarakan lalu menirukan.

Dengan metode talaqi seperti itu jauh lebih efektif untuk daya pengingat anak-anak.

Berikut macam-macam doa harian yang sudah mashur dan menjadi aktifitas keseharian :

Doa Sebelum Tidur

 

Doa Setelah Tidur

Doa Ketika Mendapat Mimpi bagus

Doa Ketika Mendapat Mimpi Buruk

Doa Sebelum Makan

Doa Sesudah Makan

Doa Hendak Masuk Dalam Kamar Mandi

Doa Hendak Keluar Dari Kamar Mandi

Doa Bercermin

Doa Hendak Masuk Dalam  Masjid

Doa hendak Keluar Dari Masjid

Doa Hendak Menuju Ke Masjid

Doa Ketika Turun Air Hujan

Doa Setelah Turun Air Hujan

Doa ketika Terdengar Petir atau Guntur

Doa Menyamput Waktu Pagi

Doa Menyambut Waktu Sore

Doa Hendak Masuk Dalam Rumah

Rumah Keluar Dari Rumah

Doa Berlindung Dari  Godaan Syaithon

Doa Berlindung Dari Fitnah Dajjal

Doa Memakai Pakaian Baru

Doa Melepas Pakaian

Doa Sebelum Belajar

Doa Agar Diberi Ilmu Yang Bermanfaat

Doa Hendak Berpergian

Doa Naik Kendaraan

Doa Ketika Melewati Jalan Menurun

Doa Ketika Melewati Jalan Menanjak

Doa Setelah Wudhu

Doa Setelah Mendengar Adzan

Doa Kebaikan Dunia Akhirat

Doa Untuk Kebaikan Kedua Orang Tua

Doa Agar Dipermudah Semua Urusan

Doa Ketika Bersin atau Wahing

Keutamaan Berdoa

Semua amalan kebaikan pasti mempunyai keutamaan tersendiri. Apalagi amalan tersebut merupakan ibadah kepada Allah Ta’ala.

Dengan mengetahui keutamaan dari sebuah amalan akan menjadikan kita lebih semangat dan giat.

Berikut akan saya ulas berbagai macam keutamaan dari sebuah doa :

 

Membuka Pintu Kebaikan dan Menjauhkan Kemadhorotan

Merupakan cara yang terbaik untuk membuka pintu rahmat adalah berdoa. Allah Ta’ala akan senang terhadap hamba yang selalu berdoa.

Jika Allah cinta maka turunlah rahmat pada hamba tersebut.

Rosulullah Shallallahu A’laihi wa Sallam pernah bersabda dalam sebuah hadist :

“Barang siapa diantara kalian telah dibukakan untuknya pintu doa, maka pasti dibukakanya juga pintu kerohmatan. Dan tidaklah Allah dimintai sesuatu yang Dia diberikan lebih Dia cintai dari pada dimintai kekuatan”. Dan Rosulullah Shallallahu A’laihi wa Sallam  juga bersabda : “Sesungguhnya doa itu memberikan manfaat kepada sesuatu yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi, maka berdoalah oleh kalian”. Hadist Riwayat Imam Tirmidzi

Timbul Rasa Malu Terhadap Allah Ta’ala

Allah itu maha pemberi, jika ada hamba yang berdoa meminta sesuatu maka pasti Allah akan mengabulkanya. Maksud malu disini adalah malu ketika Allah Ta’ala sudah mengabulkan sebuah doa, namun kita mengingkarinya.

Mengingkari kenikmatan tersebut dengan cara menggunakannya dalam bermaksiat kepada Allah. Maka dengan berdoa menjadikan kita selalu deket kepada Allah dan selalu mensyukuri kenikmatan yang diberikan.

Menjauhkan Rasa Putus Asa

Disetiap kehidupan pasti akan ditemukan banyak masalah. Masalah yang datang bertubi-tubi itu sebagai cobaan dari sang maha kuasa.

Apakah kita bisa sabar atau tidak?

Dalam diri seorang yang beriman tidak ada kata putus asa, karena hakikatnya Allah tidak memberikan suatu ujian melainkan untuk diseleseikan bukan lari menjauh.

Dengan berdoa maka perasaan putus asa akan sirna dan masalah akan terseleseikan. Asalkan dijalani dengan kesabaran, dibarengi dengan usaha dan doa.

Allah Ta’ala berkalam dalam QS. Yusuf ayat 87

“Wa laa taiasuu min rouhillah , innahu la yaiasu min rouhillahi illaa qoumul kaafiriin”

Artinya : “Dan janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah, Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah itu hanyalah orang-orang kafir”.

 

Menenangkan Hati Menentramkan Jiwa

Ketika hati mulai capek , pikiran sumpek dan kerja menumpuk maka bacalah qur’an, dzikir serta berdoa. In sya Allah dengan berdo’a suasana hati kan lebih adem dan tenteram.

Allah Ta’ala berkalam dalam QS. Ar-ro’du ayat 28 :

“Alladziina aamanuu wa tathmainnu quluubuhum lidzikrillah . alaa bidzikrillah tathmainnul quluub”.

Artinya :

“Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” ( QS. Ar Ra’du : 28).

Mampu Menolak Taqdir

 

Merupakan Ibadah Yang Paling Mulia

 

Bentuk Tawakkal Kepada Allah

 

Peredam Dari Kemurkaan Allah

 

Lebih lengkapnya lagi anda bisa melihat terlebih dahulu video berikut ini :

Penutup

Alhamdulillah demikian beberapa doa dari sekian banyak doa yang harus kita hafal dan ajarkan kepada anak-anak. Semoga dengan tulisan ini bisa membawakan keberkahan dan manfaat bagi kita semua.

Dan semoga saja dengan mengamalkan dan mengajarkan doa harian ini kepada orang lain menjadi wasilah untuk kita. Yaitu menjadi salah satu amalan jariyyah yang tak terputus. Mengalir terus ganjarannya walau nafas telah berhenti.

Wallahu a’lam bishoowab

Waalaikumussalam Warohmatullah Wabarokaatuh

 

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: