Kumpulan Lagu Daerah Jawa Tengah Asli Tradisional Beserta Artiannya

Lagu Daerah Jawa Tengah– Negara Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari berpulau-pulau kecil. Setiap pulau yang ada di Indonesia mempunyai ciri adat istiadat tersendiri. Contoh dari ciri khas suatu daerah adalah lagu.

Disini saya akan menulis beberapa lagu khas dari salah satu pulau yang ada di Indonesia. Pulau Jawa merupakan pulau kecil namun padat dengan penduduk. Pulau terbagi menjadi tiga macam yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Yang bakalan saya bahas di artikel kali ini mengenai lagu daerah Jawa Tengah. Lagu Tradisional  yang sudah memulai memunah di telinga para masyarakat khususnya para pemuda.

Anda pernah berkunjung di wilayah jawa tengah?

Atau bahkan rumah anda asli di Jawa Tengah, namun apakah anda tau lagu daerah Jawa Tengah?

Hehehe.. Anak-anak jaman now kayaknya tidak begitu mengetahui akan lagu yang menjadi khas daerahnya sendiri . Mereka anak-anak lebih cendurung suka lagu trend masa kini dari pada lagu jaman old.

Lagu Daerah Jawa Tengah

Daerah Jawa Tengah sangat terkenal dikalangan masyarakat akan berbagai kesenian dan adat istiadatnya yang penuh sopan santun. Bahwa sampai ada yang menyebutkan Orang Jawa Tengah itu orangnya lembut tapi berani.

Tidak terlalu lembut dan tidak juga terlalu keras. Jika anda memperlakukan dengan ramah maka mereka akanb ramah pula, namun jika anda kasar maka mereka juga bisa berubah menjadi kasar.

Sifat lembut dan menjunjung harga diri seseorang bisa terlihat dari lagu daerah  Jawa Tengah yang mereka ciptakan.

Lagu-lagu yang mereka ciptakan bukan hanya sekedar ucapan yang tiada maknanya. Namun banyak sekali arti dan makna dari lagu daerah Jawa Tengah tersebut.

Beberapa Daftar Lagu Daerah Jawa Tengah Yang Penuh Makna

  • Lagu Gambang Suling 
  • Lagu Gek Kepriye
  • Lagi Gundul Pacul
  • Lagu Ilir-ilir
  • Lagu Jamuran 
  • Lagu Jangkrik Genggong
  • Lagu Jaranan
  • Lagu Jenang Gula

Lirik Lagu Daerah Jawa Tengah 

Lagu Gambang Suling

lagu daerah jawa tengah gambang suling

Lagu gambang yang merupakan lagu daerah Jawa tengah ini dulunya sangat populer ditelinga masyarakat.

Anak-anak Kecil dipelosok desa biasanya sebelum memulai permainan, mereka suka melagukan gambang suling. Lagu gambang suling pertama kali viral dan diciptakan oleh dalang kondang ki Narto Sabdo.

Adapun lirik dari lagu gambang suling ciptaan beliau sebagai berikut :

Gambang suling ngumandang swarane..
Tulat-tulit kepenak unine..
u.. ..nine mung nrennyuh akhe..
Bhareng lan kentrung ketipung suling..
Shigrak kendhangane..

Artian lagu gambang suling :

Bunyi suling berkumandang swaranya..
Tulat-tulit enak bunyinya..
Bunyinya hanya mengharukan..
Bersama kentrung ketipung suling (alat musik tradisional)….
Bunyi suara musik kendangnya mantab (enak didengar)..

By : Ki Narto Sabdo

Lagu Gek Kepriye

lagu daerah jawa tengah gek kepriye

Lagu daerah Jawa Tengah yang satu mengandung makna anak orang miskin yang selalu diejek oleh teman-temannya. Ingat ukuran mulia atau sengsara seseorang bukan diliat dari seberapa banyak harta yang dimiliki.

Mulianya seseorang tergantung dengan perbuatan apa yang telah ia kerjakan. Entah untuk diri sendiri, bermanfaat untuk saudara, teman, kerabat bahkan untuk bangsa.

Ketika orang baik, berjasa, dan berbudi pekerti meninggalkan suatu negeri maka akan terus dikenang walau jasad udah tiada.

Lirik lagu gek kepiye

Duh kaya ngene rasane..
Anake wong ora duwe…
Ngalor ngidul tansah diece..
Karo kanhca kanhcane..
Piye piye piye piye ya ben rasakno..
Piye piye piye piye rasakna dewe..
Piye piye piye piye ya ben rasakno..
Piye piye piye piye rasakna dewe..
Besuk kapan aku biso..
Urip kang luwih mulyo..
Melu nyunjung drajating. bangso..
Indonesia kang mulyo….
Piye piye piye piye mbuh ra weruh…
Piye piye piye piye mbuh ra ngerti..
Piye piye piye piye mbuh ra weruh..
Piye piye piye piye mbuh ra ngerti..

Arti Lagu Gek Kepriye :

Seperti inilah rasanya..

Nasib anaknya orang yang nggak punya..

Jalan kemana-mana selalu diejek oleh teman-teman..

Gimana gimana gimana gimana ya udah dinikmati aja..

Gimana gimana gimana gimana nikmatin sendiri..

Gimana gimana gimana gimana ya udah dinikmati aja..

Gimana gimana gimana gimana nikmatin sendiri..

Hidup yang lebih mulia ikut andil untuk meninggikan nama bangsa..

Hidup bangsa Indonesia yang mulia..

Gimana gimana gimana gimana caranya entah nggak tau

Gimana gimana gimana gimana caranya entah nggak tau

Lagu Gundul Pacul

lagu daerah jawa tengah gundhul-pacul

Lagu gundul pacul merupakan lagu yang paling terpopuler ditengah masyarakat Jawa Tengah. Pecinta lagu gundul pacul tidak hanya dari kalangan orang tua saj, bahkan banyak dari anak-anak yang menyukai lagu ini sampai sekarang.

Pertama kali muncul lagu gundul pacul diciptakan oleh R.C. Hardjosubroto. Namun para sejarah berbeda pendapat siapa sebenarnya pencipta lagu gundul pacul.

Ada yang menyatakan bahwa lagu tersebut memang betul ciptaan R.C. Hardjosubroto, namun umumnya dianggap hasil karya Sunan Kali Jaga.

Tau kan siapa Sunan Kali Jaga? Saya yakin pasti udah tau semua siapa mereka.

Masyarakat mengira lagu ini ciptaaan Sunan Kali Jaga karena sering digunakan untuk dakwah kepada orang Jawa Tengah.

Lirik Lagu Gundul Pacul :

Gundul gundul pacul cul gembelengan
Nyunggi nyunggi wakul kul gembelengan
Wakul ngglimpang segane dadi sak ratan
Wakul ngglimpang segane dadi sak ratan

Artian Lagu Gundul Pacul :

Pemimpin (orang yang mempunyai jabatan) yang sombong dan semena mena

Mengemban beban amanah rakyat dengan sikap tinggi hati

Dan akhirnya beban amanah rakyat jatuh dan kesejahteraan rakyat menjadi tidak terurus.

 

Lagu Lir-Ilir

lagu daerah jawa tengah lir ilir

Lagu ini masih sama dengan lagu sebelumnya yaitu gundul pacul. Kedua lagu yaitu gundul pacul dan lir-ilir merupakan sebagai wasilah dakwah kepada masyrakat Jawa Tengah.

Pencipta lagu lir-ilir pertama kali adalah Sunan Kali Jaga. Sunnguh mulia jasa beliau dalam mengislamkan masyarakat Jawa Tengah khususnya. Walau pun jasad beliau telah tiada namun jasa dan namanya masih harum hingga sekarang.

Lir-ilir, lir-ilir
tandure wis sumilir
Tak ijo royo-royo tak senggo temanten anyar
Cah angon-cah angon penekno blimbing kuwi
Lunyu-lunyu yo penekno kanggo mbasuh dodotiro
Dodotiro-dodotiro kumitir bedhah ing pinggir
Dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore
Mumpung padhang rembulane mumpung jembar kalangane
Yo surako… surak hiyo…

Artianya Lagu Lir-ilir :

Bangunlah, bangunlah
Tanaman sudah mulai bersemi
Dan sudah mulai menghijau bagaikan pengantin baru
Anak pengembala, anak pengembala panjatlah(pohon) belimbing itu
Walau pun licin dan susah tetaplah kau panjat untuk membasuh pakaianmu
Pakaianmu, pakaianmu tersobek-sobek dibagian samping
Jahitlah, dan benahilah untuk menghadap nanti sore
Mumpung bulan masih bersinar terang,  mumpung banyak waktu luang
Ayo bersoraklah dengan sorakan iya

Dalam lirik lagu yang diciptkan oleh Sunan Kali jaga tersebut sungguh mengandung makna yang sangat mendalam.

Sebagai ummat muslimin kita diharuskan untuk selalu bangun dan bangkit dalam segala keterpurukan. Jangan sampai ada sifat malas dalam hati seorang muslim yang beriman pada Allah .

Kita bangun dari sifat malas agar bisa menambah keimanan dan ketawakalan yang telah Allah tanamkan pada diri seorang muslim.

Digambarkan dalam lirik lagu tersebut seperti tanaman yang mulai bersemi dan menghijau.

Pilihan sudah Allah Ta’ala berikan pada kita semua, tergantung bagaimana kita menghadapinya. Mau terus tidur atau bangun untuk berjuang hingga akan tiba saatnya kebahagian yang hakiki.

Bersusah payah dahulu bersenang-senang kemudian, begitulah seharusnya sifat seorang muslim. Jika terus tidur dan bermalas-malas maka berarti kita membiarkan tanaman iman pada diri kita mati.

Sungguh akan bahagia bagi orang yang selalu berusaha dalam mengggapai cita-citanya yang paling mulia seperti bahagianya pengantin baru.

Disini disebut anak gembala karena oleh Alloh, kita telah diberikan sesuatu untuk digembalakan yaitu HATI.

Bisakah kita menggembalakan hati kita dari dorongan hawa nafsu yang  demikian kuatnya? Si anak gembala diminta memanjat pohon belimbing yang notabene buah belimbing bergerigi lima buah.

Buah belimbing disini menggambarkan lima rukun Islam.

Jadi meskipun licin, meskipun susah kita harus tetap memanjat pohon belimbing tersebut dalam arti sekuat tenaga kita tetap berusaha menjalankan Rukun Islam apapun halangan dan resikonya.

Lalu apa maksud dan manfaatnya?

Maksud tetap harus memanjat walau pun licin, terus berusaha melaksanakan perintah semampu kita.

Amalan-amalan tersebut kedepannya akan menjadi pembasuh pakaian. Yang dimaksud pakaian taqwa amalan kita semua. Tidak ada manusia yang hidup di muka bumi ini suci dan sempurna.

Pasti adakalanya pernah lalai dan lupa. Iman terkadang naik dan terkadang menurun. Dengan terus berusaha beramal baik maka akan akan membersihkan hati dan jiwa.

Lagu Daerah Jawa Tengah Jamuran

lagu daerah jawa tengah jamuran

Lagu jamuran ini dahulunya sangat dimininati oleh banyak anak-anak kecil. Ki Hadi Sukatno lah yang menciptakan lagu jamuran dan tembang dolanan.

Lagu dan doalanan ini dimainkan oleh banyak orang atau perkelompok dan dimainkan di tanah lapang. Namun lambat laun ternyata lagu dan mainan ini mulai menghilang tanpa ada bekas.

Anak-anak lebih suka dengan maianan baru mereka atau  nonton tv didalam rumah bersama temanya.

Adapun tata cara main jamuran sebagai berikut :

Jamuran iku dolanan kang misuwur ing tlatah Jawa. Jamuran bisa dilakokaké bocah kang cacahé 4-12. Jamuran lumrahé dianakake ing wektu sore lan bengi nalika padhang bulan. Bocah sing melu dolanan umure antarane 6 nganti 13 taun. Dolanan jamuran bisa dilakokaké dening bocah lanang, bocah wadon utawa campuran. Dolanan jamuran ora butuhaké perkakas warna-warna, mung butuhake latar kang jembar.
Carane dolanan
Saumpama sing dolanan cacahe 10 (A, B, C, D, E, F, G, H, I, J), banjur diundhi kanthi pingsut, sapa sing kalah bakal dadi. Saumpama sing dadi J, banjur A, B, C, D, E, F, G, H, I baris bentuk bunder, ngubengi J kang ana ing tengah. Banjur A nganti I mau mlaku mubeng-mubeng ngubengi J, sinambi nembangaké tembang jamuran. Nalika tekan pungkasané tembang, A nganti I mandheg anggoné ngubengi J. Banjur J mangsuli pitakoné bocah-bocah sing ngubengi. Saumpama J mangsuli jamur kethèk mènèk, banjur bocah 9 sing ngubengi mau kudu langsung tumindak kaya kethèk. Yen ana bocah sing ora isa niru tumindak kaya kethèk, tegesé bocah kuwi bakal dadi. Bocah kang dadi isa nyebutaké aran jamur apa wae kang kudu diperagakaké bocah 9 sing mubengi sing dadi mau. Yèn ana bocah sing ora isa, tegesé bocah kuwi dadi. Saumpamané jamur gagak, bocah 9 kang ana ing pinggir mau kudu niru tumindaké gagak, yèn salah utawa ora bisa kudu dadi.
Jamuran ya gégé thok
Jamur apa ya gégé thok
Jamur gajih mbejijih sa ara-ara
Sira mbadhé jamur apa

Dolanan Jamuran Ki Hadi Sukatno

Lagu Daerah Jawa Tengah Lagu Jangkrik Genggong

lagu daerah jawa tengah

Lagu Jangkrik Genggong adalah lagu ciptaan Andjar Any. Lagu ini dinyanyikan oleh Waldjinah dan diproduksi oleh Pusaka Records.
Kendal kaline wungu
Ajar kenal karo aku
Lelene mati digepuk
Gepuk nganggo walesane
Suwe ora petuk
ati sido remuk
Kepetuk mung suwarane
E..ya..e..ya..e..
E..ya..e..yae yae yae
Jangkrik genggong
Jangkrik genggong
Luwih becik omomg kosong
Semarang kaline banjir
Jo semelang rak dipikir
Jangkrik upo sobo ning tonggo
Melumpat ning tengah jogan
Wis watake prio
Jare ngaku setyo
Tekan ndalan selewengan
E..ya..e..ya..e..
E..ya..e..yae yae yae
Jangkrik genggong
Jangkrik genggong
Wani nglirik sepi uwong
Yen ngetan bali ngulon
Tiwas edan ora kelakon
Yen ngrujak rujako nanas
Ojo ditambahi kweni
Kene tiwas nggagas
Awak adem panas
Jebul ono sing nduweni
E..ya..e..ya..e..
E..ya..e..yae yae yae
Jangkrik genggong
Jangkrik genggong
Sampun cekap mongso borong
ç Andjar Any

Lagu Daerah Jawa Tengah Jaranan

lagu daerah jawa tengah

Lagu jaran kepang biasanya sering dimainkan dalam acara-acara tententu seperti acara adat, pentas seni dan lainya.

Anak-anak lah yang biasanya memerankan dalam lagu tersebut disertai dengan jaran-jaranan.

Lagu ini diciptakan oleh Ki Hadi Sukatno.

Jaranan, jaranan jarane jaran tejhi
Sing numpak Mas Ngabèhi, sing ngiring para abdi
Jrhek jrhek nong, jrhek jrhek gung  jrhek jrhek turut lurung
Gedebuk krincing gedebuk krincing thok thok gedebuk jedhèr
Gedebuk krincing gedebuk krin cing thok thok gedebuk jedhèr.

Arti lagu jaranan :

Kuda-kudaan Kuda-kudaan
Kudanya kuda teji
Yang naikin ndoro Bei
Yang diikuti para abdi

Cek-cek nong … cek-cek gung
Kudanya dimasukkan ke jalan-jalan

Gedhebuk krinching … Gedhebuk krinching
Gedhebuk krinching … Prhok prhok
Gedhebuk jedher

Kuda-kudaan … Kuda-kudaan
Kudanya kuda kepang
Yang naik baju merah
Jalannya angguk-anggukan

Cek-cek nong … cek-cek gung
Kudanya dimasukkan di jalan-jalan

Gedhebuk krinching … Gedhebuk krinching
Gedhebuk krinching … Prhok prhok
Gedhebuk jedher

Kuda-kudaan … Kuda-kudaan
Kudanya kuda kore
Tidak ada kendalinya
Kudanya lari sendiri

Baca juga :

Kumpulan Kata-kata Zaman Now Beserta Penjelasannya Lengkap Banget

Lagu Daerah Jawa Tengah Jenang Gulo

lagu daerah jawa tengah

Lagu ini merupakan salah satu karya Andjar Any. Lagu ini juga digunakan di Langgam Jawa.

Jenang gulo, kowe ojo lali marang aku iki yo kangmas
Nalikane nandang susah sopho sing ngancani,
Dhek semono aku tetep setyo serta tetep tresno yo kang mas.
Durung nate gawe ghelo lan gawe kuciwo
Ning saiki bareng mukti kowe kok njur malah lali marang aku
Sithik-sithik mesti nesu terus ngajak padu
Jo ngono… jo ngono…
Opo kowe pancen ra kelingan jamane dek biyan yo kang mas
Kowe janji bungah susah padha dilakoni

Dalam lagu jenang gulo tersebut mempunyai makna yang mendalam. Yaitu sangat pentingnya kesetian dalam kehidupan rumah tangga.

Orang cinta tulus dalam maka akan membersamai pasangannya dalam situasi dan kondisi apapun. Tidak hanya cinta karena dalam kebahagiannya saja dan ketika diuji dengan sakit, kemiskinan atau lainnya lalu meninggalkannya begitu saja.

Maka bagi anda yang sudah menjalin hidup dengan kekasih, jangan sekali-kali menghianati cinta.

Ketika cinta sudah dihianati maka luka yang tak berdarah dan terus menyisakan duka yang mendalam.

Penutup Lagu Daerah JAwa Tengah

Demikian lagu daerah Jawa Tengah Yang bisa saya tuliskan di bangkitmimi.com. Semoga anda semua bisa mengambil manfaatnya dari pengetahuan tersebut. Jika ada salah kata, tulisan maupun pengertian maka saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Jangan lupa terus simak dan baca pengetahuan-pengetahuan di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: