Berbagai Jenis Singkong Dan Manfaat Singkong Bagi Kesehatan Yang Harus kamu Ketahui

 Manfaat singkong. Kali ini saya akan membahas beberapa manfaat singkong atau ubi kayu untuk kesehatan.Saya yakin anda pasti sudah mengetahui apa itu singkong?. Ada beberapa sebutan untuk tanaman ini. Orang-orang desa biasa menyebutnya dengan pohong atau roti sumbu.

Disebut roti sumbu karena pada tengah-tengah singkong ada sumbunya.

Sedangkan orang kota menyebutnya dengan singkong,ubi kayu atau ketela pohon. Pada hakikatnya itu semua hanya sebatas penamaan saja, wujudnya sama.

 

Apa Itu Singkong?

Apa Itu Singkong
http://1.bp.blogspot.com

Singkong,ubi kayu atau ketela pohon tergolong tumbuhan jenis umbi akar. pohon yang mempunyai nama latin  Manihot Esculenta ini mempunyai akar pohon yang panjang bergaris tengah kira-kira 2-3 cm dan panjang 50-80 cm tergantung jenis singkong yang ditanam.

Singkong merupakan buah dari tanaman umbi-umbian yang tumbuh didalam tanah. Daging singkong berwarna putih menggelembung bagian tengah dan mengerucut bagian kedua ujungnya.

Sedangkan warna kulit singkong biasanya coklat kehitaman atau coklat tua. Singkong berbentuk lonjong ini mempunyai tekdtur daging agak keras.

Ketela pohon atau singkong mengandung karbohidrat seperti halnya nasi. Makanya disebagian daerah singkong dijadikan makanan pokok. Perlu anda ketahui juga singkong merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae.

Daging singkong biasanya berwarna putih atau kekuning-kuniangan memanjang. Singkong juga termasuk umbi yang tidak tahan lama disimpan walau dimasukkan dalam kulkas. Rusaknya ketela pohon ini ditandai dengan munculnya warna biru gelap.

Warna biru gelap pada ketela pohon karena adanya asam sianida yang sangat membahayakan. Ketela pohon yang sudah mengandung asam sianida bisa berubah menjadi racun bagi tubuh.

 

Manfaat Singkong & Daun Singkong

 

Manfaat Singkong
www.google.co.id

Tidak hanya ubi singkongnya saja yang bisa dimanfaatkan,tetapi daunya pun bisa digunakan. Singkong merupakan tumbuhan yang kaya manfaat dan sebagai obat tradisional.

Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, pakar tanaman obat efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan. Bagian tumbuhan singkong yang sering digunakan adalah ubi ketelanya dan pohon.
Dan karena banyak kandungan pada tanaman ubi ketela,tanaman singkong pun sejak dahulu dijadikan sebagai obat alternatif. Obat yang tak ada efek sampingnya dan sangat ampuh mengobati berbagai penyakit.

Jenis-jenis Singkong

 

Manfaat Singkong
http://www.bebeja.com

Di Indonesia sendiri sebenarnya banyak sekali jenis-jenis singkong atau ketela pohon. Walaupun banyak jenis-jenisnya tapi pada hakikatnya bentuk singkong itu sama. Yaitu berbentuk lonjong menggelembung bagian tengah dan mengerucut dikedua ujungnya.

Banyaknya jenis singkong di Indonesia ini sangat berpengaruh pada manfaatnya. Dan yang membedakan jenis singkong satu dengan yang lainya adalah:

  • Warna singkong
  • Ukuran singkong
  • Rasa singkong
  • Batang dan daun singkong

Ada beberapa jenis singkong yang enak dikonsumsi dan ada pula yang tidak baik untuk dikonsumsi. Tidak baik dikonsumsi dalam artian singkong tersebut tidak bisa dimasak secara asal-asalan. Bahkan kalau tidak bisa mengolahkan singkong tersebut menjadi racun.

 

Jenis Singkong Yang Enak Untuk Dikonsumsi

Berikut jenis-jenis singkong yang bisa anda makan dan nikmati :

  • Singkong Gajah

Singkong gajah adalah singkong unggulan para petani di Kalimantan Timur. Singkong ini berukuran jumbo, bahkan pohonya pun dapat mencapai tinggi 4-5 meter.

Sekali panen pohon singkong gajah ini bisa mencapai 40 kg perbatang. Singkong gajah dalam musim panen rata-rata bisa mencapai 120 ton perhektar.

Maka wajar saja singkong gajah menjadi kebanggaan bagi para petani. Perlu diketahui juga singkong gajah tidak dapat tumbuh di daearah rawa atau tempat yang sering tergenang air.

Hanya dalam umur 10 bulan saja singkong gajah siap dipanen. Adapun ciri-ciri singkong gajah, Sebagai berikut;

1. Mempunyai batang berwarna ungu kemerahan.

2. Daun muda berwarna ungu kemerahan juga.

3. Daun tampak lebih lebar dibandingkan dari singkong lainya.

4. Dalam umur 3-4 bulan ujung tunas pohon singkong akan bercabang tiga.

  • Singkong Emas

Singkong emas ini merupakan jenis singkong hasil experiment atau percobaan. Yaitu hasil persilangan antara singkong thailand dengan singkong karet.

Singkong emas pertama kali dibudidayakan di daerah Bengkulu. Biasanya singkong ini dijadikan sebagai bahan tepuk terigu, jamu, dan pakan untuk hewan ternak.

  • Singkong Putih

Jenis singkong ini merupakan jenis singkong yang banyak diminati oleh banyak orang. Singkong putih biasanya sering dijadikan olahan makanan seperti kolak singkong, dll.

Dinamakan singkong putih karena memang dagingnya berwarna sangat putih sesuai dengan namanya. Jenis singkong ini mempuinyai tekstur yang berbeda dari jenis singkong lainya.

  • Singkong Mentega atau singkong kuning

Singkong mentega atau sering disebut singkong kuning bisa anda jumpai dimana pun anda berada. Karena jenis singkong ini bisa sudah tumbuh diberbagai daerah.

Biasanya singkong mentega dijadikan olahan makanan tradisional seperti tape. Dinamakan singkong kuning atau mentega karena warna dan rasanya.

Jenis singkong ini mempunyai warna daging kekuning-kuningan dengan rasa sangat manis dan berkenyal.

  • Singkong Manggu

Jenis singkong manggu merupakan salah satu singkong yang enak untuk dikonsumsi. Singkong manggu mempunyai ukuran agak kecil dari singkong gajah, yaitu berdiamater 4-5 cm. singkong mangggu banyak diminati karena mempunyai tekstur yang empuk, rasa yang manis dan mengadung pati yang banyak.

Jenis singkong manggu ini berasal dari `Jawa barat dan para petani sudah banyak membudidayakanya.

  • Singkong Mukibat

Seperti jenis singkong emas yang sudah tertuliskan diatas, singkong mukibat juga termasuk singkong hasil experiment. Kalau singkong emas adalah hasil percobaan antara singkong thailand dengan singkong karet.

Masih agak sama, cuman singkong mikibat adalah hasil percobaan anatara singkong karet dan singkong biasa. Singkong mukibat sering digunakan menjadi bahan bieotanol karena kandungan pati yang banyak.

 

kandungan Nutrisi Pada Singkong

 

Ternyata banyak kandungan nutrisi dalam singkong yang belum banyak orang-orang ketahui. Sehingga banyaknya nutrisi sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Singkong menyediakan Energi sebesar 160 Kcal, jumlah Karbohidrat 38.06 g, Protein 1,36 g 2,5, Total Lemak 0.28 g, Kolesterol 0 mg, dan Serat 1,8 g. Berikut kandungan gizi  per 100g singkong mentah menurut USDA:

Mineral: Sodium 14 mg, Mangan 0,383 mg, Fosfor 27 mg, Kalium 271 mg, Kalsium 16 mg 1,6, Zat Besi 0,27 mg, Magnesium 21 mg, dan Zinc 0.34 mg.

Vitamin: Kandungan vitamin tertinggi ubi kayu adalah Vitamin C 20,6 mg, Folat (vitamin B9) 27 mg,  dan Vitamin K 1,9 mg. Selebihnya adalah Niacin 0.854 mg, Pyridoxine 0.088 mg, Riboflavin 0.048 mg, Thiamin 0,087 mg, Vitamin A 13 IU <, dan Vitamin E 0,19 mg.

 Manfaat Singkong Bagi Kesehatan Tubuh

 

Manfaaat Singkong
www.google.co.id
  • Mengandung Serat dan 0 Kolestrol

Banyak manfaat singkong yang perlu anda ketahui, singkong mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat yang cukup banyak sangat bermanfaat untuk tubuh anda.

Dengan mengonsumsi singkong maka bisa menurunkan tekanan darah, kadar kolestrol dan membantu proses sistem pencernaan. Manfaat singkong lainya adalah untuk mencegah resiko obesitas.

Pencegahan resiko obesitas bisa terjadi karena kandungan kolestrol dan lemak yang rendah.

  • Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat singkong selanjutnya adalah untuk mengobati sakit kepala. Ketika kepala merasa pusing atau nyeri kepala anda bisa mengobatinya dengan daun singkong. Caranya pun sangat mudah sekali.

Ambil beberapa daun singkong lalu bersihkan dengan air. Setelah bersih, tumbuh daun singkong menjadi halus. Kemudian gunakan tumbukan daun singkong tadi sebagai kompres.

Letakkan dibagian kepala yang terasa sakit. In sya Allah sakit pusing anda akan hilang.

  • Bisa Mencegah penyakit anemia

Salah satu penyebab penyakit anemeia adalah kurangnya darah pada tubuh manusia. Sehingga penderita akan sering mengalami lemas dan pusing. Manfaat singkong dapat mencegah dari penyakit tersebut.

Didalam daging singkong banyak mengandung mineral dan zat besi sehingga sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan zat besi dan mineral akan membentuk terjadinya sel-sel darah merah.

Semakin banyak mengkonsumsi, anda akan merasakan banyak manfaat singkong untuk mempertahankan sel-sel darah merah.

  • Menjadi Sumber Energi
Manfaat Singkong
pleisbilongtumi.files.wordpress.com

Singkong merupakan tanaman yang kaya akan zat pati. Bahkan kandungan zat pati pada singkong melebihi 2 kali lipat dari kentang.

Karena kandungan zat pati yang lebih, maka tak jarang ditemui sebagian daerah menjadikan singkong sebagai bahan pokok mereka. Dengan mengkonsumsi singkong kebutuhan energi manusa bisa terpenuhi.

  • Memperlancar Sistem Pencernaan

Ternyata didalam singkong pun juga mengandung banyak insolube atau serat yang tidak bisa larut dalam air. Manfaat singkong bisa memperlancar proses pencernaan. Yaitu memperlancar proses pembuangan air besar, menyerap dan membuang toksin dalam usus.

Dengan mengkonsumsi singkong tubuh dapat terhindar dari masalah gangguan pencernaan seperti wazir, susah buang air, dll.

  • Mengatasi Sakit Diare

Anda pernah sakit diare?

Berulang kali balik ke kamar mandi karena perut terasa mules. Tenang, anda sekarang bisa mengatasinya dengan ramuan tradisional. Manfaat singkong lah yang akan mengobati diare anda.

Cara pengobatannya sangat mudah yaitu ambil beberapa daun singkong lalu bersihkan. Setelah itu rebus daun singkong dalam air 900 cc dan tunggu sampai airnya tinggal separoh.

Kemudian saring daun singkong dan minium air rebusan sehari dua kali.

 

  • Mengobati Rematik
Manfaat-Singkong
https://cdn0-a.production.images.static6.com

Ada dua cara pengobatan tradisional menggunakan daun singkong untuk mengobati rematik.

Cara pertama adalah dengan mengoleskan daun singkong kebagian tubuh yang sakit. Sedangkan cara kedua adalah dengan merebus dan dijadikan minuman.

Cara pertama yaitu ambil lima lembar  daun singkong lalu dan 15 gram jahe sirih. Setelah itu haluskan dan tambahkan sedikit air. Kemudiaan aduk menjadi satu dan oleskan ke tubuh yang sakit.

Cara kedua yaitu ambil 100 gram batang singkong, satu batang sereh dan 15 gram jahe. Kemudian rebus dengan 1.000 cc air dan tunggu sampai airnya tersisa 400 cc.

Setelah itu saring dan minum air rebusan tersebut sehari dua kali.

 

  • Sebagai Obat untuk Luka Bernanah , Luka Bakar Dan Luka Panas

Untuk mengobati luka nanah caranya adalah ambil batang pohon singkong yang masih segar. lalu tumbuk menjadi halus dan tempelkan kebagian tubuh yang terasa sakit.
Untuk luka akibat garukan caranya adalah parut singkong sampai halus. kemudian tempelkan kebagian tubuh yang sakit. Setelah itu tutup rapat dengan perban.

Adapun untuk mengobati luka karena panas dengan cara siapkan singkong lalu diparut dan diperas.
Kemudiaan diamkan airnya beberapa saat hingga sari patinya mengendap. Setelah itu oleskan pati tersebut kedalam tubuh yang terasa sakit.

  • Mencerdaskan Otak Dan Menambah Daya Ingat

 

Manfaat-Singkong
asset.kompas.com

Baru-baru ini ditemukan sebuah penilitian bahwa ternyata dalam kandungan singkong terdapat asam amino. Asam amino ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Asam amino bermanfaat untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit, memperkuat tulang, dan menjaga kemampuan daya ingat.

Manfaat Singkong | Penutup

Demikian tulisan artikel kami mengenai manfaat singkong . Semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua. Mohon maaf jika banyak salah tulis maupun salah pengertian

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: