Nama-nama Malaikat Beserta Tugasnya Masing-masing

Nama-nama Malaikat Beserta Tugasnya Masing-masing – Dalam agama islam ada enam rukun iman yang harus diimani oleh semua orang yang mengaku bahwa dia seorang muslim. Iman kepada malaikat merupakan rukun iman yang ke dua setelah iman kepada Allah Ta’ala.

Memang secara kasat mata malaikat adalah makhluk ghoib. Sebagai manusia kita tidak bisa melihat wujud asli  dari penampakan mereka. Walau pun begitu, kita orang beriman  harus mempercayai keberadaan para malaikat.

Malaikat merupakan makhuk Allah subhanahu wa ta’ala yang diciptakan tidak mempunyai hawa nafsu. Tidak seperti manusia dan jin. Manusia dan jin diberi hawa nafsu oleh Allah subhanahu wa ta’ala sehingga kehidupan dunia ini sebagai ujian bagi mereka berdua.

Karena malaikat diciptakan tanpa hawa nafsu maka pekerjaan mereka hanya untuk beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala saja. Sejak awal diciptakan sampai hari akhir nanti mereka malaikat hanya tunduk dan patuh kepada Allah subhanahu wa ta’ala .

Penasaran apa itu malaikat?

Sebelum dilanjut, diartikel ini saya akan membahas siapa itu malaikat? ada berapa jumlah mereka dan apa sih tugas masing-masing dari mereka?.

Agar tahu lebih lengkapnya mari kita simak penjelasan-penjelasan seputar apa itu malaikat, nama-nama malaikat dan tugasnya.

Apa itu Malaikat ?

Nama-nama malaikat
sumbner : hafidhmind.files.wordpress.com

Kata malaikat sendiri berasal dari bahasa arab yaitu malaka yang berarti kekuatan atau kekuasaan. Dan dalam bentuk masdarnya bisa diartikan yang mempunyai misi atau risalah. Demekian penjelasan menurut bahasa aslinya.

Namun dalam pengeritian istilah malaikat adalah salah satu makhluk  Allah subhanahu wa ta’ala yang diberikan keutamaan tersendiri. Yaitu Allah memberikan mereka rasa tunduk dan patuh terhadap semua perintah-perintah Allah Ta’ala.

Tidak ada satu perintah sedikit pun yang dilanggar dan diterjang oleh malaikat.

Dari Apa Para Malaikat Itu Diciptakan?

Nama-nama malaikat
sumber :www.netralnews.com

Malaikat merupakan makhluk ghoib yang harus kita yakini dan imani akan keberadaan mereka.

Kita sudah tahu ternyata malaikat itu diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala saja. Tanpa ada pembangkangan dan pengingkaran sedikit pun.

Sekarang yang menjadi pertanyaaan taukah kamu dari apa mereka diciptakan?

Sehingga mereka menjadi makhluk yang taat, tunduk dan patuh.

Pernah Rosulullah Shallallahu A’laihi wa Sallam bersabda dalam sebuah hadist yang menyebutkan bahwa mal;aikat diciptakan dari cahaya.

Diriwatkan dari Aisyah Rhodiyallahu A’nhumaa, ia berkata bahwa  Rosulullah Shallallahu A’laihi wa Sallam pernah bersabda  :

“Khuliqotil malaaikatu min nuur wa khuliqotil jaannu min maarijin min naarin wa khuliqo aadamu mimma wushifa lakum”

Artinya : Para Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api yang menyala-nyala dan nabi Adam dicuiptakan dari apa yang telah disifatkan kepada kalian.

 

Sifat-sifat Para Malaikat

Nama-nama malaikat
sumber : i2.wp.com
Bebeda dengan makhluk lainya seperti jin dan manusia yang diberi hawa nafsu sehingga ketika diperintah maka kebanyakan mengingkari dan membangkang.
Para malaikat ketika ada perintah sama sekali tidak pernah mengingkari dan terus patuh dan tunduk. Maka dari itu  Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan malaikat dari sesuatu yang amat bagud yaitu dari cahaya.

Sifat malaikat yang lainya adalah mereka itu termasuk makhluk yang ghoib. Seperti halnya jin,setan tidak bisa DILIHAT oleh kasat mata, namun sebagai orang beriman harus yakin. Meyakini dan mengimani akan keberadaan mereka di alam semesta ini.

Sebagai orang beriman selain wajib mengimani malaikat, alangkah baiknya mengetahui juga sifat-sifat mereka.

Berikut beberapa sifat malaikat yang harus diketahui oleh orang yang mengaku akan keberadaan para malaikat :

 

  1. Malaikat mempunyi sifat sebagai makhluk yang gaib
  2. Malaikat diciptakan berasal dari cahaya
  3. Malaikat tidak pernah merasakan haus, lapar, kenyang, ngantuk atau sesuatu yang bersifat seperti manusia
  4. Malaikat selalu taat dan tunduk patuh atas perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala mulai dari awal penciptaan sampai hari akhir kelak
  5. Malaikat Juga tidak mempunyai hawa nafsu sedikit pun
  6. Malaikat selalu Bertasbih kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala sepanjang hari baik siang maupun malam
  7. Malaikat memiliki kekuatan atau kelebihan yang diberikan oleh Allah untuk dapat mengubah wuju
  8. Malaikat tidak pernah melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah subhanahu wa ta’ala
  9. Malaikat mempunyai kelebihan bisa bergerak secepat cahaya

 Berapa Jumlah Malaikat Yang Mashur?

nama-nama malaikat
sumber : 2.bp.blogspot.com

Sebenarnya makhluk Allah yang selalu patuh dan tunduk ini berjumlah sangat banyak sekali. Bahkan jumlah mereka bisa mencampai ribuan seperti yang disebutkan dalam sebuah hadist nabi.

Bersabda Nabi Shallallahu A’laihi wa Sallam : “Masuk ke dalam baitul Maâmur pada setiap harinya ada 70.000 malaikat dan tidak pernah keluar lagi sampai hari Kiamat kelak.”

Setiap dari masing-masing dari mereka diberi tugas oleh Allah hanya untuk mematuhi perintahnya. Namun dalam pelaksanaan perintah yang Allah Ta’ala berikan antara satu dan lain itu berbeda.

Ada malaikat yang diperintah hanya untuk dzikir terus, ada yang ditugaskan hanya untuk sholat terus dan ada yang diperintah hanya untuk menjaga pintu surga atau neraka.

Adapun jumlah para malaikat yang mashur dan sudah sering kita dengar adalah ada 10 malaikat. 10 nama-nama malaikat tersebut akan dijelaskan beserta tugasnya masing sebagai berikut :

Nama-nama Malaikat dan Tugasnya

nama-nama malaikat
sumber : metromerauke.com

Sudah menjadi kewajiban seorang muslim mengimani akan keberadaan para malaikat. Namun selama ini apakah anda mengetahui akan nama-nama malaikat beserta tugasnya?.

Berikut akan saya tuliskan nama-nama malaikat dan tugasnya yang wajib anda ketahui semua.

1. Malaikat Jibril

Mendengar kata nama malaikat jibril, sudah barang tentu tidak asing lagi di telinga kita. Malaikat jibril merupakan malaikat yang sering berinteraksi langsung dengan nabi Muhammad Shallallahu A’laihi wa Sallam.

Bahkan nama malaikat jibril sering sekali disebut didalam qur’an maupun hadist. Kita sudah mengetahui bahwa semua perkataan dan perintah atau risalah yang dibawa oleh Muhammad Shallallahu A’laihi wa Sallam adalah wahyu.

Nabi Muhammad Shallallahu A’laihi wa Sallam sama sekali tidak pernah mengarang sendiri. Seperti yang mereka orang kafir katakan. Mereka mengatakan kalau risalah tersebut merupakan hasil karangan nabi Muhammad Shallallahu A’laihi wa Sallam.

Akan tetapi semua perintah dan ajaran nabi Muhammad Shallallahu A’laihi wa Sallam murni dari Allah Ta’ala. Yaitu melalui wahyu yang dibawakan oleh malaikat Jibril. Nah, inilah yang menjadi tugas utama malaikat Jibril : menyampaikan wahyu dari Allah Ta’ala.

Banyak disebutkan dalam hadist akan kedekatan nabi Muhammad Shallallahu A’laihi wa Sallam dengan malaikat JIbril.

2. Malaikat Mikail

Semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini sudah dijamin rizqinya oleh Allah Ta’ala. Maka dari itu kita jangan sampai takut tidak bisa makan dan minum karena rizqi sudah ada ditangan Allah.
Dan merupakan tugas malaikat Mikail adalah sebagai pemberi rizqi. Rizqi memang dari Allah Ta’ala namun diberikan lewat perantara malaikat Mikail terlebih dahulu.
Allah ta’ala memberikan rizqi tidak hanya kepada orang beriman saja, namun semua kepada semua manusia. Entah itu beriman, kafir maupun musyrik. Bahkan tidak hanya kepada manusia saja, semua mahkluk hidup dan tumbuhan sudah ada rizqinya dari Allah Ta’ala.
Dan ini sebagai tanda Rohman-Nya Allah Ta’ala kepada hamba-hamba-Nya. Yaitu memberi rizqi kepada semua manusia muslim maupun kafir.
Berbeda dengan sifat Rohim, kalau sifat Rohimnya Allah hanya diberikan kepada orang-orang muslim saja.

3. Malaikat Israfil

Merupakan dari rukun iman juga adalah iman kepada hari akhir atau hari kiamat. Semua yang ada awalan pasti akan tiba saatnya masa akhir. Kehidupan di dunia ini hanya sementara saja dan hanya tempat mencari perbekalan untuk akhirot kelak.
Besok di hari akhir akan ada tiupan terompet yang menandakan akan hancurnya seluruh alam semesta. Dan terompet sangkakala tersebut ditiupkan oleh malaikat Isrofil.
Begitulah tugas malaikat Isrofil yaitu meniup dua kali tiupan. Tiupan pertama menandakan kehancuran bumi, sedangkan tiupan kedua adalah pembangkitan semua manusia dari alam kuburnya.

4. Malaikat Izrail

Nama Malaikat dan Tugasnya yang keempat adalah Malaikat Izrail, Malaikat Izrail ini adalah Malaikat yang keberadaanya bisa sangat ramah dan bisa pula sebaliknya. Hal yang menyebabkan ramah nya Malaikat Izrail saat mencabut nyawa adalah amalan yang baik yang banyak dilakukan mahluk Allah dalam kehidupannya.

Namun jika kita hidup didunia yang sementara ini tidak banyak memikirkan akhirat dan banyak melakukan larangan yang sudah ditetapkan oleh Allah, maka jangan harap akan bertemu dengan keramahannya. Malaikat Izrail ini hanya bisa kita lihat saat kita sudah Syakaratul Maut atau menuju kematian.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Mungkar adalah nama dari Malaikat yang diberikan tugas oleh Allah SWT sebagai Malaikat yang bertanya kepada manusia. Bertanya tentang apa? Malaikat Munkar ini akan menanyakan dan memeriksa perbuatan seorang manusia ketika masih hidup didunia.

Pertanyaan dan pemeriksaan amalan perbuatan apa saja yang telah seseorang lakukan didunia, ini akan ditanyakan pada saat Manusia sudah memasuki alam yang ke empat, yaitu alam Kubur dan Manusia yang ditanya tidak akan bisa berbohong.

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir ini tugasnya sama dengan Malaikat Munkar, yaitu menyanyakan tentang perbuatan apa saja yang telah dilakukan oleh manusia semasa hidupnya didunia. Pertanyaan dan intograsi ini akan dilakukan ketika manusia sudah memasuki alam kubur.

Manusia juga tidak akan bisa mengelak dan berbohong, karena saat itu yang menjawab pertanyaan dari Malaikat Nakir bukanlah mulit kita, melainkan anggota tubuh yang lain yang atas kehendak Allah bisa menjawab pertanyaan dari Malaikat Nakir.

7. Malaikat Raqib

Nama malaikat sesudahnya adalah malaikat Raqib. Kita mengetahui bahwa semua amalanyang diperbuat oleh manusia maka besok akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat kelak.

Sekecil apapun suatu amalan walau seukuran biji sawi tetap akan dihisab diakhirat nanti. Nah, yang merupakan tugas malaikat Roqib adalah sebagai pencatat amalan baik seorang hamba.

Maka sekecil apapun kebaikan jangan sampai kita meremehkannya. Karena bisa jadi di mata manusia kecil namun di mata Allah sangatlah besar.

8. Malaikat Atid

Lain dengan malaikat Roqib yang bertugas sebagai pencatat amalan baik. Malaikat Atid diberi tugas oleh Allah Ta’ala untuk mencatat amalan buruk dari manusia.

Semua amalan akan dihisab dan dimintai pertanggung jawaban masing-masing . Dosa sesorang tidak bisa dipikulkan kepada orang  lain. Maka dari itu maka berfikirlah dan renungkanlah sebelum melakukan tindakan.

Apakah perbuatan yang kita lakukan mendatangkan manfaat atau bahkan madhorot?.

9. Malaikat Malik

nama-nama malaikat
sumber : www.kristenalkitabiah.com

Setelah dihisab dan dipertanggung jawabkan semua amalan manusia, selanjutnya adalah penempatan di surga atau neraka. Bagi orang-orang beriman sungguh sangat beruntung karena akan dimasukkan dalam surga.

Namun sebaliknya, celakalah bagi orang-orang ketika dulu mereka di dunia mengkufuri Allah Ta’ala. Nerakalah tempat tinggal bagi mereka selama-lamanya.

Malaikat Malik adalah malaikat yang ditugaskan oleh Allah untuk menjaga pintu api neraka. Mereka orang-orang kafir akan diseret dan dicampakkan kedalam gejolak api neraka yang menyala-nyala.

Ketahuilah malaikat Malik mempunyai sifat sangat kejam,bengis danmenyeramkan karena memang ditugaskan untuk orang-orang yang kufur terhadap Allah dan rosulnya.

10. Malaikat Ridwan

nama-nama malaikat
sumber : buletinarrayyan.files.wordpress.com

Berbeda jauh dengan sifat malaikat malik yang kasar dan bengis, malaikat Ridwan mempunyai sifat lembut. Bagi orang-orang yang beriman dan beramal sholeh maka Allah akan sediakan untuk mereka tempat yang sangat dirindukan yaitu surga.

Surganya Allah tidak akan bisa diraih melainkan dengan keimanan dan kesungguhan dalam beramal. Ketika penduduk surga akan masuk dalam surga maka mereka akan disambut dengan malaikat Ridwan dengan penuh senyum berseri-seri.

Dan Ini lah yang menjadi tugas utama malaikat Ridwan. Yaitu ditugaskan oleh Allah untuk menjaga pintu surga yang penuh kesenangan.

Penutup

Demikian nama-nama malaikat dan beserta tugasnya yang bisa saya tulis. Semoga menjadi wawasan pengetahuan dan menjadi penambah keimanan kita kepada para malaikat. Karena dengan mengetahui nama-nama malaikat akan menjadikan kita semakin betapa agungnya mereka.

Sepuluh nama-nama malaikat tersebut adalah para malaikat yang sudah mashur di telinga kita. Mungkin cukup sampai sini dulu, terus simak webiste saya di bangkitmimpi.com  semoga dapat diambil manfaatnya.

Kalau ada salah kata, tulisan maupun pengertian, sangat dimohon saran dan kritikanya. Wallahu A’lam Bishowaab

Wasssalamu A’laikum Warohmatullah Wabarokaatuh

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: