Rihlah ke pantai

 

Assalamualaikum warohmatullah…

Bagaimana kabarnya teman-teman? Semoga selalu dalam lindungan Allah Ta’ala….

Allah Ta’ala berkalam ; Qod kholat min qoblikum sunan.

Fa siru fil ardhi fa yandhuru kaifa kana ‘aqibatul mukadzdzibin.

Artinya:

Sesungguhnya sebelum kamu telah berlalu sunnah-sunnah Allah.

Karena itu berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana
akibat orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).

(QS 3 Ali ‘Imron ayat 137)

 

Dalam kesempatan ini, saya akan berbagi kisah rihlah tahun kemarin di pantai yogyakarta. Teman-teman pasti sudah tahu dimana yogyakarta itu?.

Yogyakarta

 

 

Kota gudeg itulah orang-orang menyebutnya. Ya karena salah satu makanan khas jogja adalah gudeg.

Daerah istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alam. Yogyakarta terletak dibagian selatan pulau jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia.

Yogyakarta selalu menjadi tujuan wisata paling ramai selama musim liburan. Ini selalu ditandai dengan macet nya beberapa ruas jalan di dalam kota maupun di luar kota menuju ke kota yogyakarta. Selain terkenal dengan kota pelajarnya yogyakarta memang terkenal sebagai kota wisata dan kota budaya.

Ada beberapa pantai yang sudah saya kunjungi, diantaranya adalah ;

Pantai gua cemara

 

 

 

Pantai ini terletak di Kabupaten bantul, tepatnya di dusun Patehan, Gandingsari, kec Sanden, kabupaten Bantul.

Teman-teman disana akan disuguhkan hawa yang segar dengan banyaknya pepohonan cemara. Disetiap

celah pohon cemara membentuk lorong yang panjang mirip gua. Konon dari sinilah pantai itu dinamai.

Keindahan pantai ini sangat mempesona yang membuat teman-teman betah berjam-jam disana. Sayangnya pihak pengelola belum bisa menyediakan tempat penginapan atau losmen.

Motor kecil roda empat/atv juga tersedia di panati gua cemara. Cukup bayar 50 sampai 75 ribu, teman-teman bisa keliling pantai menembus lebatnya pohon cemara.

Pantai kukup

Pantai ini cukup terkenal juga. Pantai yang bertempat di gunung kidul  membuat para pengunjung terpesona.

Salah satu ciri khas pantai ini adalah terdapat sebuah gardu diatas batuan karang yang  dihubungkan dengan jembatan. Para pengunjungpun bisa menikmati sunset dan sunrise dari atas dengan menikmati pesona indah alami.

Dihari-hari tertentu para nelayan mencari ikan di pantai kukup sehingga pengunjung bisa beli langsung . harganya pun sangat terjangkau karena langsung hasil panen para nelayan.

Perlu diketahui bagi para pengunjung harap berhati-hati  karena  medan menuju pantai ini banyak jalan berlubang. Kedepanya sangat berharap pihak pengelola memperbaiki akses jalan demi kepuasan pengunjung.

Pantai Baron

 

pantai yang terletak di Desa kemadang, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km dari pusat kota Yogyakarta.

Konon pantai ini dinamai Baron karena Baron Skeber sang bangsawan belanda yang pernah mendaratkan kapalnya di pantai ini. Dari situlah asal usul pantai baron.

Pantai ini merupakan salah satu pantai selatan yang digunakan oleh warga sekitar untuk acara sedekah laut. Sedekah laut menurut mereka sebagai rasa syukur atas nikmat tuhan atas diberikanya ikan yang melimpah.

Selain itu mereka beranggapan dengan sedekah laut akan menolak terjadinya mala petaka yang akan menimpa mereka.

Tradisi sedekah laut ini biasanya dilakukan pada tanggal satu syuro atau penanggalan jawa lainya.

Oh ya, disana juga ada penyewaan kapal nelayan, sehingga pengunjung bisa menyisiri indahnya pantai baron. Cukup hanya mengeluarkan uang 50 ribuan aja membuat pengunjung puas keliling pantai. Selain itu pengunjung bisa mengabadikan moment ini di gadget meraka.

Pantai Timang

 

Untuk menuju pantai timang pengunjung harus mempersiapkan diri dari kendaraaan maupun fisik. Jalan menuju  pantai timang sangat terjal dan menatang.

Naiik turun berkelok-kelok membuat jantung anda berdebar. Apalagi jalan yang penuh dengan bebatuan karang lancip cukup menguji kesabaran.

Sehingga tak sedikit kendaraan pengunjung yang berkendala ditengah jalan. Mulai dari mogok atau sering kalimengalami ban bocor.

Tips dari saya pribadi kalau mau pergi ke pantai timang dengan berkendaraan roda dua, usahakan jangan melebihi muatan. Jangan lupa juga untuk mencegah ban bocor,bawalah kompa kecil. Biasanya kalau sudah ban bocor sangat sulit ditemukan tukang tambal ban.

Semilir angin sepoi-sepoi dan indahnya pesona alam pantai timang melupakan rasa capek saat perjalanan tadi.

Merupakan ciri khas pantai timang adalah adanya gondola tradisional atau kereta gantung yang dirangkai  dengan tali plastik yang kuat. Disusun sedemikian rupa sehingga sangat kuat untuk menopang berat tubuh para pengunjung.

Pantai ini memiliki satu pulau yaitu sebohkah batu karang yang keras dan mempunyai tebing yang sangat curam.  Untuk menuju kesana pengunjung harus meleawati hamparan lautan dan besarnya ombak.

Memang ini harus membutuhkan mental yang besar tapi tenang aja in sya Allah aman kok. Beratnya rintangan akan terbayar kalau pengunjung sudah sampai pulau timang.

Diatas sana pengunjung akan disuguhkan indahnya hamparan lautan.  Adapun tarif untuk melewati gandol tadi, pengunjung cukup mengekuarkan 150 ribu saja.

Pantai Wediombo

Pantai yang termasuk rekomendasi wisata daerah Yogyakarta ini terletak di kelurahan  Jepitu, Kec Girisubo, Kab Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai wedi ombo ini memang terletak agak jauh dari pantai-pantai yang lain, seperti pantai indrayanti, pantai krakal, dan pantai baron.

Dalam bahasa indonesia wedi ombo artinya pasir yang luas. Jangan kaget setelah sampai di pantai wedi ombo ternyata tak seluas dengan namanya.

Orang-orang  yang belum pernah kesana pasti menyangka kalau pantai itu luas dengan hamparan pasir putih.

Pantai wedi ombo sendiri di dominasi dengan batuan karang dengan pasir putih yang tidak terlalu luas. Sebelah barat dan timur di dominasi bukit karang, membuat area pasir ini tak seluas di gumuk pasir Parangtritis atau pantai glagah di kulon progo.

Tapi, jangan salah sangka walaupun tak seluas yang kita bayangkan, pantai wedi ombo banyak karang-karang batu yang tinggi. Menikmati keindahan dari atas karang sungguh pemandangan yang sangat indah.

Adapun fasilitas di pantai wedi ombo sudah tersedia kamar mandi maupun toilet. Bahkan pengunjung tidak perlu repot kalau perut merasa keroncongan.

Di sepanjang pantai wedi ombo banyak warung-warung yang menyediakan berbagai menu dan makanan laut. Makanan khas gunung kidul pun sudah tersedia disana seperti tiwul dan belalang goreng.

Ada tempat menarik di pantai wadi ombo yang tak semua orang mengetahuinya. Yaitu sebuah kolam yang tersusun dari batu-batu karang. Kolam ini mempunyai kedalaman sekitar 1,5 meter.

Mungkin pantai ini paling tepat bagi pengunjung yang mau berendam di air laut. Selain kolam alami yang unik, pantai wedi ombo adalah spot paling pas untuk mengabadikan moment sunset.

Dengan posisi pantai yang hampir menghadap ke barat sempurna. Terdapat juga sebuah tebing karang yang agak menjorok, membuat sunset pantai wedi ombo semakin indah.

Mungkin sampai sini dulu ya teman-teman..lain waktu bisa dilanjutkan lagi. Terima kasih telah singgah diwebsite saya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: