Sejarah Air Zam Zam Dan Seribu Khasiat Untuk Kesehatan

Air Zam Zam-Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata air zam zam?. Pasti langsung ingat dengan kisahnya nabi Ismail dan bundanya yaitu Siti Hajar.

Air zam zam sudah sangat masyhur di telinga warga indonesia maka tak asing lagi dengan air ini. Air zam zam merupakan oleh oleh asli dari tanah haram Makkah Al-Mukarromah. Jama’ah haji atau umroh pasti tidak akan ketinggalan membawa oleh oleh  khas Arab khusunya air zam zam.

Bahkan zaman sekarang untuk sekedar merasakan air zam zam sangat mudah sekali. Banyak toko-toko di Indonesia yang menjual oleh oleh khas Arab. Hampir disetiap daerah kota kota besar pasti toko khusus yang menjual oleh-oleh Arab.

Jadi anda tidak perlu repot-repot datang ke Arab Saudi hanya untuk sekedar mencicipi air zam zam dan makanan khas Arab lainya.

Arti Air Zam-Zam

Air Zam Zam
store.yufid.com

Kota Makkah Mukarromah memang menjadi sorotan semua manusia dari berbagai belahan dunia. Selain terdapat ka’bah, kota Makkah mempunyai air zam zam yang kaya manfaat.

Sering banget mendengar kata air zam zam, tapi apakah anda tahu artinya? Air zam zam berasal dari bahasa arab ماءزمزم yang berarti  air yang melimpah ruah. Air zam zam merupakan mata air yang tidak akan ada habis-habisnya walau diambil setiap hari.

Air zam zam mempunyai sejarah  menarik yang perlu anda ketahui. Begitu pula air zam zam mengandung seribu khasiat, akan kami bahas setelah ini.

Sejarah Munculnya Air Zam Zam

 

Sejarah Air Zam Zam
asset.kompas.com

Anda pernah mendengar air zam-zam? atau bahkan sering. Namun apakah anda tahu bagaimana sejarah awal mula keluarnya air zam-zam?!.

Rupanya cerita nabi Ibrahim meninggalkan anak dan istrinya diabadikan dalam qur’an surat Al Maidah (14) ayat 37.

Baik, bagi yang belum tahu, baca cerita yang kami tulis dibawah ini.

Bermula dari kisahnya nabi Ibrahim, istrinya Siti Hajar dan bayi mungilnya Ismail. Pada suatu hari nabi Ibrahim bersama Siti Hajar dan Ismail melakukan perjalan disuatu tempat.

Sesampainya ditengah perjalan yaitu berada di padang pasir yang luas, tandus dan tak ada kehidupan pada waktu itu. Allah Ta’ala memberikan perintah kepada nabi Ibrahim untuk meninggalkan mereka berdua di padang pasir dan melanjutkan perjalan.

Tidak ada kata lain yang keluar dari mulut nabi Ibrahim kecuali sami’na wa atho’na (mentaati). Dibalik perintah Allah ta’ala pasti ada hikmah / kebaikanya.

Di pandang panas dan tandus akhirnya Siti hajar dan Ismail yang mungil ditinggal oleh nabi Ibrahim. Siti Hajar hanya bisa pasrah dan menyerahkan semua urusanya kepada Allah Ta’ala. Allah pasti bersama orang-orang yang beriman dan bersabar.

Selang beberapa waktu ternyata perbekalan yang nabi Ibrahim berikan sudah habis. Kegelisahan pun nampak di raut wajah Siti Hajar. Apalagi pada saat itu Ismail yang masih bayi menangis meronta-ronta karena kehausan.

Begitu pula dengan Siti Hajar karena tidak ada asupan makanan yang menyuplai akhirnya susu ASI pun habis juga. Tangisan bayi Ismail semakin menjadi- jadi.

Siti Hajar segera mencari makanan di pandang tandus yang kelak orang-orang mengenalnya dengan Makkah Mukarromah.

Dengan penuh kegelisahan Siti Hajar berlari dari bukit Shofa ke Marwa hanya untuk mencari makanan. Setelah sampai bukit Marwa lalu kembali lagi berlari menuju bukit Shofa.

Tak terasa ternyata Siti Hajar berlarian bolak balik dari bukit Shofa ke bukit Marwa sebanyak 7 kali. Akan tetapi Siti Hajar belum mendapatkan makanan maupun minuman sama sekali.

Oh ya, berawal dari apa yang dilakukan Siti Hajar yaitu berlari dari bukit Shofa lalu Ke bukit Marwa kelak akan menjadi rukun haji. Termasuk dari salah satu rukun haji adalah Sa’i ( berlari-lari kecil dari bukit Shofa ke bukit Marwa).

Setelah Siti Hajar berlarian dari bukit Shofa dan Marwa, beliau mendapat perintah untuk melihat si mungil Ismail. Siti Hajar melihat putranya masih dalam keadaan menangis dan menghentakkan kakinya di tanah. Seketika Ismail terdiam dan muncullah air dari hentakkan kakinya.

Siti Hajar melihat seperti itu pun berkata ” ZAM ZAM” (berkumpallah), hingga air itu pun berkumpul dan dianamkan air zam zam.

Karena munculnya air di tengah padang yang panas dan tandus sangat memicu hadirnya segerombalan burung.

Melihat ada segerombolan burung di tengah pandang tandus menandakan akan adanya mata air. Kafilah atau para musaffir yang mencari air pun segera menuju tempat segerombolan burung tersebut.

Penggalian Kembali Sumur Air Zam Zam

Penggalian kembali Sumur Zam Zam
beritabali.com

 

Sumber mata air yang disebut air zam zam ternyata pernah sempat lenyap.

Para ahli sejarah berbeda pendapat akan sebab lenyapnya mata air zam zam. pendapat pertama mengatakan mata air zam zam lenyap karena setelah setelah ribuan tahun semenjak peninggalan nabi Ibrahim tidak ada yang merawat.

Karena tanah yang terus menimbun dari tahun ketahun membuat air mata zam zam tidak bisa memancarkan air lagi.

Sedangkan pendapat kedua mengatakan lenyapnya sumber mata air zam zam karena orang-orang musyrik.

Yaitu pada zamanya suku Jurhum dan suku Khuza’ah saling berebut untuk menguasai Makkah Al Mukarromah. Suku Jurhum yang menguasai Makkah pada saat itu berhasil diusir oleh suku Khuza’ah.

Sebelum perginya suku jurhum, mereka menimbun mata air zam zamdengan berbagai barang,agar kelak tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Sampailah pada suatu masa. Kakek nabi Muhammad Sallallahu A’laihi Wasallam yaitu Abdul Mutholib menggali kembali. Sehingga berkat Abdul Mutholib kini air zam zam memancarkan air lagi dan tidak akan ada habisnya.

Dimana Letak Air Zam Zam?

Letak Sumur Zam Zam
1.bp.blogspot.com

Air yang melimpah ruah dan tak ada habis-habisnya ini berada di dekat Ka’bah, kira-kira sekitar 11 m dari Ka’bah..

Air zam-zam itu sangat melimpah ruah dan mudah didapatkan. Bagi anda yang pergi ke Baitullah tidak perlu repot-repot menimba dahulu demi mendapatkan air zam zam.

Sekarang air zam-zam disalurkan dari sumur ke tangki penampungan air dari beton dengan volume 15.000 m3. Anda bisa mendapatkan air zam zam disekitaran komplek Masjid Nabawi, didalam Masjidil Haram dan disekitaran komplek Al Haram.

Anda juga tak perlu khawatir kehabisan air zam zam, kapan saja dan seberapa banyak yang akan anda ambil, silahkan.

Doa Minum Air Zam Zam

Doa Minum Air Zam Zam
bp.blogspot.com

Do’a merupakan senjata bagi ummat muslimin. Do’a juga merupakan ibadah. Begitu pula do’a itu sebagai tanda.

Sebagai tanda bahwa manusia itu masih membutuhkan akan pertolongan-Nya Allah. Disebutkan dalam hadist bahwa Allah itu sangat senang kalau seorang hamba berdo,a.

Sebaliknya, Allah sangat benci bagi hamba yang tak pernah berdo’a pada-Nya. Seseorang yang tidak berdo’a itu seakan-akan tidak membutuhkan bantuan-Nya Allah Ta’ala.

Banyak do’a (permintaan) yang diajarkan Rosulullah Shallallahu A’laihi Wasallam pada ummatnya. Diantaranya adalah do’a meminum air zam zam.

“اللهم اني اسالك علما نافعا ورزقا واسعا وشفاء من كل داء”

Latinya : “Allhumma inni as’aluka i’lman naafi’a wa rizqon waasia wa syifaa’an min kulli daa’in.’

artinya : ” Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat dan rizqi yang banyak dan kesembuhan dari berbagai penyakit”

Maksud do’a tersebut yang berkait dengan pembahasan ialah agar Allah selalu memberi kita kesehatan jasmani maupun rohani. Begitu pula agar disembuhkan dari berbagai penyakit yang menimpa kita.

 

Rahasia Dibalik Air Zam-Zam

Air Zam Zam
muslim.or.id

Pernah nabi Muhammad Shallallahu A’laihi Wasallam bersabda  dalam riwayat Ibnu Abbas RA.

“Sebaik-baik air dipermukaan bumi adalah air zam zam, padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit”.

Air Zam Zam bisa dikatakan sebagai mukjizat kepada manusia lewat perantara Siti Hajar dan Ismail AS. Ini juga menunjukan bahwa setiap perintah itu pasti ada maksudnya, walaupun pada saat itu kita belum tahu.

 

Keutamaan

keutamaan air zam zam
2.bp.blogspot.com
  • Merupakan air surga (ma’ul jannah), maksudnya air ini banyak barokah dan manfaatnya, dan tidak akan pernah habis. Sehingga disebut dengan air juga.
  • Mengenyangkan perut dan menghilangkan dahaga.
  • Merupakan mukjizat yang abadi sehingga tidak akan pernah kering sampai besok hari kiamat.
  • Sebagai pencuci qolbu. Yaitu ketika nabi Muhammad diwaktu kecil, malaikat Jibril mencuci hati nabi Muhammad dengan air zam zam.
  • Sebagai penyembuhan berbagai penyakit jasmani maupun rohani.

Seribu khasiat

Sebarnya sangat banyak khasiat air zam-zam, namun kami hanya menyebutkan beberapa saja. Diantara khasiatnya sebagai berikut :

  • Menguatkan dinding rahim bagi ibu hamil. Semua orang pasti tidak beringinan kalau bayinya berguguran, hal ini terjadi kalau dinding rahimya  tidak kuat. Nah, air zam-zam solusi untuk menguatkan dinding rahim.
  • Menguatkan tulang gigi. Kandungan kalsium pada air zam-zam sangat dibutuhkan oleh tulang dan gigi agar tidak terjadi pengeroposan.
  • Membersihkan hati. Yaitu membersihkan hati dari penyakit-penyakit batin seperti dengki,iri dan hasad.
  • Melancarkan peredaran darah. Peredaran darah biasanya terganggu karena endapan lemak. Dngan minum air zam-zam bisa membantu peredaran darah anda.
  • Mengganti sel kulit mati.
  • Melancarkan metabolisme tubuh.
  • Mengobati segala penyakit.

Penutup

Air zam zam  adalah air suci, barokah dan kaya manfat seperti yang disabdakan Rosulullah Sallallahu A’laihi Wasallam. Maka sebelum anda meminumnya niatkan untuk mencari barokah dan semata-mata hanya mengikuti sunnah beliau. Wallahu a’lam bishowaab.

 

Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokaatuh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: