10+Tanda Tanda Kiamat Diakhir zaman

Tanda-Tanda Kiamat – Kiamat merupakan salah satu rukun iman yang wajib diyakini oleh orang-orang beriman. Semua yang ada di bumi ini akan hancur dan tiada. Rosulullah pun sudah banyak memberikan kabar akan tanda tanda kiamat.

Kita hidup diatas bumi ini cuman sementara, ibarat orang yang bersafar lalu singgah disuatu tempat untuk beristirahat. Oleh karenanya jangan sampai dunia yang fana ini melupakan kita dari beribadah kepada Allah Ta’ala.

Kehidupan haqiqi, kehidupan yang kekal abadi hanya besok di akhirot kelak. Mumpong kita masih diberi kelonggaran, kehidupan dan belum datang hari kiamat, mari perbanyak amala seabanyak-banyaknya.

Arti dan Pengertian Kiamat

Tanda tanda kiamat
img.okezone.com

Kiamat sendiri berasal dari kata Bahasa Arab قام-يقوم yang berarti bangkit. Jadi hari kiamat itu adalah hari kebangkitan. Peristiwa dibangkitkanya semua manusia dari awal sampai akhir zaman dari kuburan mereka.

Hari kiamat akan terjadi besok diakhir zaman, tak ada yang tahu kapan akan terjadinya hari kiamat. Bahkan nabi Muhammad Shallallahu A’laihi Wasallam pun juga tidak tahu kapan terjadinya kiamat.

Banyak nash yang tertulis di quran dan hadist menjelaskan bahwa kiamat pasti akan terjadi di akhir zaman nanti.

اقتربت الساعة وانشق القمر

” Telah dekat hari kiamat dan bulan telah terbelah ” ( QS. Al Qomar : 1 )

” Dan tatkala sangkala ditiup maka matilah semua (makhluk) yang berada dilangit dan dibumi kecuali merka yang dikehendaki Allah. Kemudiaan ditiuplah (sangkala yang kedua) maka seketika mereka (makhluk) bangkit (dari kubur) menunggu keputusan Allah. QS. Az Zumar : 39

بعثت انا و الساعة كها تين,وَأَشَارَ بِأَصْبِعَيْهِ السَّبَابَةِ وَالْوُسْطَى

“Diutusnya aku dan dengan (jarak) hari kiamat seperti dua jari ini”. Lalu beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengahnya. (HR. Bukhori dan Muslim).

Tatkala datang hari kiamat dan malaikat Israfil meniup sangkakala yang pertama maka alam semesta akan hancur semua.

Bumi, alam semesta beserta isinya akan hancur dan tak ada satu pun yang tersisa. Semua kehidupan Makhluk hidup di dunia pun berakhir sampai disini.

Macam-Macam Kiamat

  1. Kiamat Sughro

Tanda tanda kiamat
https://i1.wp.com/

Sughro itu berasal dari kata bahasa arab yang berarti kecil. adapun maksudnya adalah kiamat kecil, berakhirnya kehidupan sebagian makhluk di alam dunia ini.

Semua makhluk yang bernyawa di bumi ini pasti suatu saat akan mengalami kematian. Dan ini tidak bisa dipungkiri. Karena kehidupan dunia hanya sesaat dan akhirotlah kehidupan yang haqiqi kekal abadi selama-lamanya.

Sebagai orang beriman wajib meyakini akan adanya hari akhir dan hari pembalasan. Oleh karenanya selagi kita masih diberi kehidupan mari gunakan sebaik-baiknya.

Adapun beberapa contoh kiamat shugro sebagai berikut :

  • Kematian

Allah Ta’ala sudah banyak menegaskan dalam al qur’an akan adanya kematian. Diantaranya kalam-Nya dalam QS. Al ‘Imron ayat 185

“Setiap yang bernyawa pasti akan menemui ajalnya. Dan sesungguhnya di hari kiamat nanti pahala kalian akan disempurnakan. Barang siapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan surga maka dia telah beruntung. Dan tidaklah kehidupan dunia itu hanya kesenangan yang menipu”.

Semua yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Manusia tidak mengatahui kapan dan dimana akan dicabut nyawanya.

Allah menciptakan kehidupan di dunia ini berpasang-pasang. Ada kuat ada lemah, ada kaya ada miskin, begitu pula ada kehidupan dan pasti ada kematian.

Semua yang ada di dunia merupakan sebuah titipan dari Allah Ta,ala. Baik materi dunia atau saudara kerabat kita. Kita harus rela kalau ada saudara kita dipanggil menghadap sang pencipta.

Kehidupan di dunia ini sebagai ujian bagi manusia. Mana diantara kita yang paling bagus amalanya, yang mau beriman kepada Allah atau bahkan mengkufuri-Nya.

Sejatinya Allah menciptakan manusia hanya untuk satu tujuan, yaitu beribadah kepada-Nya. Allah Ta’ala menegaskan dalam QS. Ad- Dzariat 51:56

وماخلقت الانس الا ليعبرون

“Tidaklah aku (Allah) menciptakan manusia hanya beribadah kepada-Ku”

Maka niatkan semua keseharian kita untuk beribadah kepada Allah. Maka nicsaya Allah akan ridho dan mengganjar dengan pahala.

  • Bencana Alam

Bencana alam adalah peristiwa yang tak disangka-sangka yang mengakibatkan dampak pada manusia. Bencana alam bisa jadi karena ulah manusia sendiri atau kejadian alam.

Allah memberi bencana alam kepada manusia bisa karena dua hal :

  1. Sebagai ujian
  2. Sebagai peringatan

Yang pertama sebagai ujian maksudnya ketika Allah memberikan ujian berupa bencana apakah manusia mau bersabar atau bahkan putus asa. Dan ini merupakan bukti salah satu cinta Allah pada hamba-Nya. Yaitu dengan diberi cobaan dan ujian.

Dan yang kedua bencana alam sebagai peringatan. Mungkin suatu penduduk desa, mereka itu melalaikan Allah, maksiat sudah menjadi biasa dan banyaknya kriminal.

Maka dengan diberikanya bencana alam agar penduduk desa itu ingat akan perbuatanya dan segera kembali kepada Allah Ta’ala.

Bencana alam yang sering terjadi menimpa manusia seperti : Banjir, gempa bumi, tanah longsor, kekeringan, kebakaran, Badai salju, angin topan, tsunami dan lain sebagainya.

Kita sebagi manusia hanya bisa berdo’a lalu berusaha dan pasrah pada-Nya. Karena semua kejadian yang menimpa manusia sudah ditulis dan ada taqdirnya masing-masing.

2. Kiamat Kubro

tanda tanda kiamat
https://i0.wp.com

Kubro sendiri berasal dari bahasa arab yang berarti besar. Kiamat kubro berarti peristiwa hancurnya seluruh kehidupan yang ada di muka bumi. Semua alam semesta akan saling bertabrakan dan tak ada yang tersisa.

Secanggih apapun tekhnologi manusia tidak akan bisa tahu kapan terjadinya kiamat. Dan tatkala kiamat sudah muncul manusia tak akan bisa lari untuk menyelamatkan diri.

Kiamat tak akan terjadi kecuali penduduk bumi sudah benar-benar rusak dan tanda-tanda kiamat kubro sudah muncul.

Baca juga “Sejarah Perang Uhud Yang Menggetarkan Jiwa”

Tanda Tanda kiamat

kapan kiamat
http://4.bp.blogspot.com

Sebelum terjadi kiamat akan ditandai dengan beberapa peristiwa. Rosulullah Shallah ‘Alaihi Wasallam hanya bisa memberi tahu pada kita akan tanda-tanda kiamat. Beliau tidak tahu kapan kiamat akan terjadi.

Tanda-tanda ini sebagai isyarat atau petunjuk bahwa kiamat sebentar lagi akan datang. Maka berakhirlah semua kehidupan alam semesta.

Kiamat tidak akan terjadi kecuali kalau tanda tanda kiamat sudah muncul. Bermula dari tanda kiamat kecil kemudiaan disusul dengan tanda tanda kiamat kubro atau kiamat besar.

Pernah suatu hari  Rosulullah Shallah ‘Alaihi Wasallam tatkala sedang duduk-duduk bersama para sahabat lalu didatandi seorang laki asing.

Kemudiaan orang asing itu menanyakan beberapa pertanyaan kepada Rosulullah Shallah ‘Alaihi Wasallam.

Salah satu pertanyaanya adalah tentang hari kiamat. Seperti yang disebutkan dalam hadist arba’in nomor urut kedua.

قَالَ : فَأَخْبِرْنِيْ عَنِ السَّاعَةِ قَالَ : مَا الْمَسْؤُوْلُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ. قَالَ : فَأَخْبِرْنِيْ عَنْ أَمَارَاتِهَا, قَالَ : أَنْ تَلِدَ الأَمَةُ رَبَّتَهَا, وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُوْنَ فِيْ الْبُنْيَانِ, ثم اَنْطَلَقَ, فَلَبِثْتُ مَلِيًّا, ثُمَّ قَالَ : يَا عُمَرُ, أَتَدْرِيْ مَنِ السَّائِل؟ قُلْتُ : اللهُ وَ رَسُوْلُهُ أَعْلَمُ. قَالَ : فَإِنَّهُ جِبْرِيْلُ أَتَاكُمْ يُعَلِّمُكُمْ دِيْنَكُمْ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya : Dia (orang asing) bertanya lagi “Kabarilah kepadaku kapan terjadinya hari kiamat?”.
Nabi pun menjawab : “Tidaklah orang yang yang ditanyai lebih mengetahui dari pada yang bertanya”.

Dia bertanya lagi : “Maka kabarilah padaku akan tanda tanda hari kiamat!”.

Nabi pun menjawab : “Akan ada seorang ibu yang melahirkan majikanya. Dan kamu akan mendapati orang yang tak beralas kaki, tanpa memakai baju serta pengembala kambing (miskin)  mereka saling berlomba-lomba mendirikan bangunan yang megah dan tinggi.

Kemudian orang asing tersebut segera pergi. Aku pun terdiam, sehingga Nabi bertanya kepadaku : “Wahai, Umar! Tahukah engkau, siapa yang bertanya tadi?”.

Aku menjawab,”Allah dan RasulNya lebih mengetahui,” Beliau bersabda,”Dia adalah Jibril yang mengajarkan kalian tentang agama kalian.” (HR Muslim, no.8).

Tanda Tanda Kiamat Kecil

Tanda Tanda Kiamat
i0.wp.com

Diantara tanda tanda kiamat kecil adalah sebagai berikut :

  1. Banyaknya seorang anak yang mendurhakai kedua orang tuanya sendiri.
  2. Orang-orang miskin yang mendadak jadi kaya dan saling berlomba-lomba dalam masalah dunia.
  3. Kebodohan dan pengangguran yang merajalela.
  4. Diwafatkanya para ulama’ warosatul anbiya’.
  5. Perempuan yang merupai laki-laki atau laki-laki yang merupai perempuan.
  6. Jumlah wanita lebih banyak dibanding jumlah pria.
  7. Orang-orang pada berbondong-bondong dalam memperhias dan membangun masjid.
  8. Munculnya nabi-nabi palsu.
  9. Diangkatnya para pemimpin yang bodoh sesat menyesatkan.
  10. Ketika yang haq menjadi minoritas dan batil menjadi sebuah kebiasaan.
  11. Diutus dan diwafatkanya nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.
  12. Ditaklukkanya Baitul Maqdis.
  13. Banyaknya orang kaya melimpah sehingga tak ada yang pantas mendapatkan shodaqoh.
  14. Munculnya banyak beragam fitnah kepada ummat muslimin.
  15. Perzinaan ada dimana-mana dan dilakukan secara terang-terangan.
  16. Ketika riba menjadi suatu yang biasa.
  17. Minuman khamr merajalela.
  18. Fenomena api Hijaz.
  19. Munculnya Wabah tho’un / penyakit kulit yang menular sehingga mematikan suatu desa.
  20. Banyaknya bencana alam yang menimpa suatu negeri yang kufur kepada Allah Ta’ala.
  21. Zaman semakin rusak dan hari-hari berlalu sangat cepat.

Baca juga : Macam-macam Sholat Sunnah 

Tanda Tanda kiamat Besar

tanda tanda kiamat
www.google.co.id

Setelah muncul beragam tanda tanda kiamat kecil maka tidak lama kemudiaan akan muncul tanda tanda kiamat besar. Kemudian setelah munculnya tanda tanda kiamat besar tidak lama kemudiaan bumi ini akan hancur.

Semoga Allah Ta’ala melindungi dan menyelamatkan kita dari fitnah yang merajalela.

يَخْرُجُ فِي آخِرِ أُمَّتِي الْمَهْدِيُّ، يُسْقِيْهِ اللهُ الْغَيْثَ، وَتُخْرِجُ اْلأَرْضُ نَبَاتَهاَ، وَيُعْطِى الْمَالَ صِحَاحًا، وَتَكْثُرُ الْمَاشِيَةُ، وَتَعْظُمُ اْلأُمَّةُ، يَعِيْشُ سَبْعاً أَوْ ثَمَانِيًا.

“Akan keluar besok diakhir kehidupan ummatku yaitu Al Mahdi. Allah akan menurunkan padanya air hujan sehingga bumi ini menumbuhkan banyak tetumbuhan. Dan Allah akan memberikan padanya harta yang melimpah, dan hewan-hewan ternak menjadi beranak pinak sehingga ummat itu menjadi makmur. Dia (Al Mahdi) hidup (memerintah) selama tujuh atau delapan tahun.

 

مَا بَيْنَ خَلْقِ آدَمَ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةِ خَلْقٌ أَكْبَرُ مِنَ الدَّجَّالِ

“Tidak ada makhluk dari penciptaan Adam sampai akhir zaman yang fitnahnya (ujianya) lebih besar dari Dajjal.

مَا بُعِثَ نَبِىٌّ إِلاَّ أَنْذَرَ أُمَّتَهُ الأَعْوَرَ الْكَذَّابَ ، أَلاَ إِنَّهُ أَعْوَرُ ، وَإِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ ، وَإِنَّ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مَكْتُوبٌ كَافِرٌ

“Tidaklah diutus seorang nabi melainkan pasti mengingatkan ummatnya dari yang buta sebelah lagi pendusta. Ketahuilah bahwa dia itu buta sebelah. Sedangkan sesungguhnya pemelihara kalian bukan yang berbuta sebelah (pece). Dan sesungguhnya diantara kedua matanya tertuliskan KAFIR.

Berikut ini merupakan tanda-tanda hari kiamat besar yang harus diketahui :

  1. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj.
  2. Muncul Dajjal Al kadzab dimuka buni.
  3. Turunya nabi Isa ‘Alaihi Wasallam bin Maryam dari langit.
  4. Terbitnya matahari dari arah barat.
  5. Munculnya banyak binatang melata.
  6. Ditiupkanya sangkala oleh malaikat Isrofil.
  7. Keluarnya api dinegri Syam.

Penutup

Tanda tanda kiamat
http://trainingpresentasi.net

Sebagai orang beriman kita wajib mengimani akan adanya hari kiamat. Nah, mumpung Allah masih memberikan kita kesehatan, keimanan dan kelonggaran. Mari kita banyak-banyak beramal soleh untuk kehidupan yang hakiki nanti.

Jangan sampai kita menunda-nunda kebaikan karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi kedepanya nanti.

Selalu berdo’a agar kita diselamtkan dari fitnah dunia dan sebesar-besar fitnah. Yaitu fitnah akhir zaman Dajjal Al Kadzaab.

Wallahu A’lam Bisshowaab.

Akhiirul Kalam Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokaatuh.

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: