5+ Lirik Lagu Daerah Jawa Barat Beserta Maknanya

Lagu Daerah Jawa Barat- Negara Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan memiliki banyak pulau. Bahkan menurut ahli sejarah negara Indonesia mempunyai pulau sebanyak 13.466 pulau yang tersebar dari ujung kanan dan kiri.

Negara Indonesia termasuk negara yang subur, makmur danbanyak sumber daya alamnya. Maka kita semua harus bersyukur kepada Allah Ta’ala sang pencipta alam semesta yang sudah memberikan segala kebutuhan ada di Indonesia.

Salah satu pulau dari beribu pulau yang ada di Indonesai adalah pulau Jawa. Pulau Jawa ini termasuk pulau kecil yang letaknya dibawah pulau Sumatra dan Kalimantan. Masih dalam satu pulau, Jawa terbagi menjadi tiga bagian : Jawa Tengah, Jawa Barat, Jdan Jawa Timur.

Bhineka Tunggal Ika

Lagu daerah jawa barat
youtube.com

Indonesia mempunyai satu semboyan yang selalu dipegang oleh warga repuplik Indoneisa yaitu bhineka tunggal ika. Semboyan atau motto bhineka tunggal ika tertulis dalam lambang negara Indonesia yaitu pada pancasila.

Semboyan ini berasal dari kata jawa kuno yang mempumnyai makna walaupun berbeda-beda namun tetap satu, tetap harus bersatu dan kompak. “Bersatu kita teguh bercerei kita runtuh”, Inilah yang menyebabkan penjajah lari terpontang-panting karena Indoesia harus bersatu untuk melindungi tanah air tercinta.

Menurut sejarah, bhineka itu berarti bermacam-macam, tunggal itu satu, dan ika adalah itu. Seperti yang telah diketahui Indonesia itu mempunyai banyak ragam, mulai dari agama, suku, ras, Dll.

Walau pun beragam tidak menghalangi untuk selalu bersatu, menghormati dan menyayangi satu sama lain.

Kesenian Lagu Daerah Jawa Barat

Setiap pulau maupun daerah terpencil yang ada di Indonesia pasti memiliki berbagai ciri khas tersendiri. Mulai dari kesenian, budaya, bahasa, adat, makanan pokok, rumah dan pakaian tradisional, lagu daerah, makanan khas dan lain-lainya.

Biasanya adat daerah satu dengan yang lain itu sangat berbeda, walaupun jarak tidak begitu sangat jauh. seperti masih dalam satu pulau yaitu pulau Jawa. Antara Jawa Tengah dengan Jawa Barat masing-masing mempunyai adat dan seni budaya yang berbeda.

Contohnya saja seperti kesenian lagu daerah. Masing-masing daerah mempunyai lagu khas masing-masing. Ada lagu daerah Jawa Tengah, lagu daerah Jawa Barat, Lagu daerah Jawa Timur, Dll.

 

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: